28 September 2016
28 September 2016,
 Off

Seiring dengan bertambahnya jumlah kendaraan bermotor di Indonesia yang tiap tahun semakin bertambah dimana menurut data dari BPS dan Kantor Kepolisian Republik Indonesia, s/d per tahun 2014 khususnya untuk sepeda motor telah mencapai lebih dari 84 juta unit, PT. Yuasa Battery Indonesia selaku pabrikan aki motor terpecaya di Indonesia selalu berusaha untuk mengikuti dan berinovasi untuk menyediakan sumber kelistrikan motor-motor tersebut.

Salah satunya adalah aki motor Yuasa tipe YTZ7-V yang digunakan sebagai suku cadang asli untuk aki motor skutik premium Yamaha N-Max, dimana sejak pertama kali diluncurkan pada bulan Februari 2015 yang lalu sampai dengan Triwulan I tahun 2016 ini sudah terjual sampai dengan 168.815 unit (sumber data AISI = Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia) di Indonesia.

ytz7v

Dengan voltase 12V dan kapasitas sebesar 6 Ah ; dimensi PxLxT (114x71x121)mm aki motor Yuasa tipe YTZ7-V tersebut mensuplai seluruh sistem kelistrikan motor tersebut.

Kelistrikan di motor Yamaha N-Max ini sangat tergantung pada kondisi aki, karena ngedrop sedikit saja akan bisa mempengaruhi kinerja mesin apalagi kalau aki sampai mati, motor tidak akan bisa distater terlebih untuk motor ini tidak mempunyai engkel/kick stater.

Sehingga fungsi aki motor Yuasa tipe YTZ7-V tersebut cukup vital karena selain mempunyai fungsi utama sebagai electric starter, lampu, sein & klakson, juga mempunyai fungsi untuk mendukung fitur-fitur indicator canggih yang ada pada Yamaha N-Max ini antara lain fitur tripmeter penggantian oli, v-belt, self diagnose dan indicator ABS (Anti-lock Braking Sistem).

 

Comments are closed.