28 September 2016
28 September 2016,
 Off

Sepeda motor dengan sistem injeksi yang marak beredar di Indonesia cukup fenomenal karena keunggulannya yang menggunakan sistem takaran terkomputerisasi, membuat percampuran antara bahan bakar dan udara telah diatur oleh sensor, sehingga bahan bakar pun lebih efisien. Motor injeksi pun lebih ramah lingkungan karena pada pembakaran di mesin motor terjadi secara sempurna sehingga pembuangan emisi gas lebih kecil. Beberapa contoh sepeda motor dengan sistem injeksi yang marak beredar adalah Yamaha Vixion, Honda CB150R, dan Kawasaki Z250SL.

Perawatan pada sepeda motor injeksi pun lebih mudah karena injeksi lebih awet dibandingkan dengan sepeda motor berkaburator yang harus bongkar pasang setiap melakukan perawatan. Mesin motor injeksi juga lebih mudah dihidupkan terlepas dari baik dan buruknya kondisi cuaca, karena pada sistem ini sudah ada sensor yang mengatur suhu mesin motor (temperatur sensor).

Seperti yang disebutkan diatas, motor injeksi bekerja dengan bantuan beberapa sensor. Sementara sensor membutuhkan kemampuan arus listrik untuk supply kebutuhan sensor agar tetap hidup dan bekerja membaca kondisi kendaraan saat jalan, mengumpulkan data, dan mengolahnya menjadi serangkaian aksi guna menjalankan motor dengan stabil. Sehingga, fungsi aki pada motor injeksi merupakan piranti yang vital, karena aki berfungsi untuk menghidupkan sensor-sensor yang terdapat di motor injeksi.

Kondisi aki yang drop pada motor injeksi harus segera diganti karena bisa memicu kerusakan komponen sensor yang hidupnya mengandalkan aliran listrik. Sehingga, kesadaran terhadap umur dan kondisi aki pada motor menjadi hal yang wajib diperhatikan.

Dalam membantu konsumen untuk selalu memperhatikan dan sadar akan kesehatan aki pada motor, Yuasa Battery mengeluarkan inovasi aplikasi yang dapat diunduh secara gratis di gadget atau smartphone untuk perangkat Android (Google Play Store), sedangkan untuk perangkat iOS akan segera menyusul.

Aplikasi ini disebut Yuasa Apps, mempunyai fitur unggulan yakni Battery Reminder atau pengingat aki. Dengan akses yang mudah, Anda dapat langsung mengisi identifikasi kendaraan (plat nomor, merk kendaraan atau nama pemilik) dan memilih tanggal dan waktu pemasangan aki (bisa berlaku surut dalam arti bisa memilih waktu (tanggal dan bulan) sebelum data yg diinput pada hari itu). Serta, Anda dapat membedakan jenis aki yang digunakan, Aki motor Yuasa Conventional (masih diisi air aki manual) dan Maintenance Free.

Setelah Anda memasukkan data kendaraan dan jenis aki yang digunakan, aplikasi ini secara otomatis akan mengingatkan sudah berapa lama umur aki Anda dan saatnya Anda mengecek kondisi aki secara berkala sesuai dengan jenis aki yang dimasukkan. Jika motor anda menggunakan tipe aki motor Conventional, aplikasi ini akan memberikan notifikasi sebulan sekali. Jika menggunakan aki motor tipe Maintenance Free, Anda akan mendapatkan notifikasi tiga bulan sekali.

Dengan aplikasi ini diharapkan dapat membantu para pengguna sepeda motor injeksi untuk menghindari aki soak yang menyebabkan terhambatnya perjalanan.

Comments are closed.