17 November 2016
17 November 2016,
 Off

YTX9-BS-Perspektif & BoxTidak mau kan jika Anda memiliki motor dengan cc besar dengan harga lebih dari 50 jutaan susah distater gara-gara aki soak/rusak? Apalagi yang tidak mempunyai kick starter, masak harus dorong?

Oleh karena itu aki merupakan salah satu komponen penting yang harus mendapatkan perhatian juga selain faktor-faktor lain dalam suku cadang kendaraan bermotor.

Selain mempunyai fungsi utama untuk starter, aki juga berfungsi sebagai sumber listrik untuk menyalakan klakson, sein, alarm (jika ada) dan bahkan komponen pengapian CDI arus DC.

Untuk merawat aki sebenarnya cukup simple atau mudah diantaranya jangan sampai motor Anda tidak pernah dipakai atau dinyalakan dalam waktu yang cukup lama, karena akan menyebabkan aki tesebut akan tekor, kecuali jika memang aki tersebut sudah rusak dan harus diganti.

Cara perawatan yang baik adalah paling tidak motor harus dipakai atau dinyalakan minimal 3 hari sampai dengan 1 minggu sekali agar semua komponen yang ada di motor tersebut bekerja, khususnya untuk aki bisa terjadi pengisian kembali oleh sepul sehingga tidak sampai tekor.

Tetapi ada cara khusus untuk melakukan “memanaskan / mengisi” aki tersebut, karena biasanya bagi anggapan orang awam setelah motor tersebut nyala sudah dianggap aki tersebut akan aman dan terisi daya kembali, padahal agar aki motor Anda terisi kembali yang perlu dilakukan adalah pedal gas harus ditahan minimal 2000 rpm selama beberapa waktu (± 30 – 60 detik) dan diulangi selama 3-4 kali.

Dengan melakukan perawatan tersebut diatas (tentunya jika motor Anda jarang dipakai), maka akan membuat aki motor Anda lebih awet dan tidak diperlukan untuk sering ganti Aki (dimana umur aki untuk pemakaian  normal adalah ± 1-2 tahun).

ninja-250-grn-new_sKhusus untuk aki motor Kawasaki Ninja 250 CC tipe aki yang dibutuhkan adalah Yuasa tipe YTX9-BS dimana mempunyai spesifikasi 12V-8Ah dengan dimensi PxLxT [151x88x106]mm.

Untuk aki motor tipe YTX9-BS ini juga mempunyai keunggulan “Selalu Fresh” dimana dalam satu kemasan terdiri dari botol aki zuur yang terpisah, sehingga umur aki baru akan berjalan setelah aki zuur tersebut dimasukkan ke dalam akinya.

Selain untuk motor Kawasaki Ninja 250 CC, aki motor Yuasa tipe YTX9-BS ini bisa dipakai untuk motor Pulsar 200, Suzuki Inazuma 250 CC, TVS Apache dan Kymco 125 Series.

Comments are closed.