Aki Mobil DIN Maintenance Free; Terobosan Baru Rangkaian Produk Yuasa

Aki adalah komponen penting dalam kendaraan yang berfungsi sebagai sumber energi untuk menghidupkan mesin dan menjalankan berbagai sistem listrik. Pemilihan aki untuk kendaraan juga harus disesuaikan dengan spesifikasinya, agar berfungsi maksimal dan tidak menimbulkan kerusakan di kemudian hari.

Seperti aki mobil Eropa, karena kondisi aki harus benar benar prima, terutama arus dan voltase-nya. Mobil Eropa standarnya menggunakan aki tipe DIN (Deutsches Institut für Normung) yang mengikuti standar Lembaga dari Jerman, dimana segala aspek ukuran, kapasitas, dan posisi terminal menyesuaikan dengan kebutuh kendaraan.

Tipe aki DIN banyak dipergunakan oleh mobil-mobil bikinan Jerman atau mobil buatan Eropa dan Amerika, contohnya BMW, Mercedes-Benz, Audi, dan Volkswagen. Perbedaan jelas terlihat secara fisik yaitu memiliki pole/kutub aki tenggelam ke dalam bodi akinya.

Menyusul permintaan pasar akan produk Yuasa untuk aki DIN Maintenance Free (aki kering), Yuasa Battery Indonesia akhirnya menyediakan produk terbaru ini pada bulan Mei 2024 lalu. Untuk ukuran dan kapasitas aki DIN Maintenance Free (aki kering) serupa dengan tipe DIN Pafecta yang sudah tersedia lebih awal dirangkaian produk aki Yuasa.

Ada dua tipe aki DIN Maintenance Free (aki kering) yang sudah tersedia yaitu

DIN 58024-MF

Tegangan                   : 12 V

Kapasitas                    : 80 Ah

Dimensi Panjang       : 301 mm

Dimensi Lebar           : 176 mm

Dimensi Tinggi          : 190 mm

Aplikasi kendaraan   : Audi series; BMW series; Cheverolet, Ford Ranger; Mercedes Benz A Class; Volkswagen Bettle; Volvo series

DIN 60038-MF

Tegangan                   : 12 V

Kapasitas                    : 100 Ah

Dimensi Panjang       : 381 mm

Dimensi Lebar           : 175 mm

Dimensi Tinggi          : 190 mm

Aplikasi kendaraan   : Jaguar Series; Mercedes Benz C, E, SLK, GLA, S Class; Volvo S80 Diesel

Kedua aki DIN Maintenance Free (aki kering) ini sudah bisa didapatkan di dealer Yuasa atau bisa dibeli secara online di Yuasa App