Mengenal Lebih Dekat Aki MF

Aki adalah salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor. Aki kendaraan perlu diperhatikan karena perannya yang krusial, jika aki sudah tekor, kendaraan tidak akan bisa di-starter.

Salah satu produk unggulan Yuasa Battery adalah aki kendaraan Maintenance Free (MF), mari mengenal lebih dekat dengan aki MF.

Apakah aki Maintenance Free itu?

Aki Maintenance Free (MF)  lebih dikenal sebagai “aki kering”. Pada dasarnya, semua jenis aki (kering dan basah) tetap menggunakan cairan elektrolit.  Namun, pada aki kering, kadar berat jenis elektrolitnya lebih pekat atau kental. Aki kering di desain khusus untuk mencegah penguapan air dari dalam aki, sehingga penambahan air tidak lagi diperlukan. Karena tidak memerlukan penambahan air, maka aki jenis ini disebut aki Maintenanfe Free (MF) atau bebas perawatan.

Apa yang membuat aki MF tidak perlu ditambahkan air?

Pertama, penggunaan kalsium pada bahan dasar sel. Berbeda dengan sel timah hitam pada aki basah/ konvensional, sel berbahan kalsium ini mampu mengurangi penguapan cairan dan gas secara signifikan (diperkirakan bisa 6 kali lebih kecil).

Kedua, desain tutup aki menggunakan labirin. Ketika suhu panas, labirin/ rongga-rongga ini berfungsi menyimpan penguapan cairan dan gas dari dalam aki. Sehingga ketika suhu kembali dingin, cairan yang telah menguap tersebut dapat dikembalikan.

Dengan kombinasi dua teknologi tersebut, aki MF tidak akan cepat dehidrasi, sehingga penambahan air aki tidak diperlukan hingga akhir usia pemakaian.

Kapan energi aki terpakai?

Energi pada aki akan terpakai ketika start mesin, dan perangkat elektronik di kendaraan digunakan, seperti AC, lampu, audio, dan lain sebagainya. Sebisa mungkin, kurangi penggunaan perangkat elektronik tersebut saat mesin dimatikan

Berapa lama usia pakai aki MF?

Aki MF adalah aki tanpa kopromi. Dengan tanpa penambahan air, aki MF dapat menyamai usia pakai aki konvensional yang normalnya dapat dipakai 1 – 1,5 tahun. Tetapi, umur aki juga dipengaruhi oleh kondisi kelistrikan dan cara pemakaian kendaraan.

Apa yang membuat aki MF tekor?

Penyebab pertama adalah terlalu banyak energi keluar daripada masuk (undercharge). Penyebab undercharge ada dua kemungkinannya:

  • Sistem kelistrikan pada kendaraan yang tidak normal, sehingga supply energy ke aki tidak lancar, dan aki menjadi ‘kelaparan’.
  • Cara pemakaian kendaraan. Untuk kendaraan yang sering menempuh jarak pendek (kurang dari 3 km), sering terkena macet, atau jarang dipakai, aki akan cepat drop, karena tidak mendapatkan energi yang cukup.

Penyebab kedua adalah terlalu banyak energi atau overcharge. Penyebab overcharge juga sering disebabkan oleh sistem kelistrikan kendaraan yang tidak normal. Sehingga supply energy ke aki terlalu besar, mengakibatkan aki kelebihan tenaga atau ‘kekenyangan’ dan aki akan membengkak. Kondisi aki yang overcharge dapat lebih merusak aki daripada kondisi undercharge.

Jika aki motor sudah tidak bisa digunakan dan ingin membeli aki baru, bisa langsung order melalui beberapa online store official Yuasa. Link di bio Official Instagram LoveYuasa