Cara Sederhana Merawat Motor Matic Kesayanganmu

Motor matic saat ini mendominasi para pengguna motor, tidak peduli laki-laki maupun perempuan, tua ataupun muda, semua kalangan dengan mudah mengendarai motor matic ini. Mungkin Anda adalah salah satu pengguna motor matic itu sendiri.

Perawatan motor matic sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan merawat motor bebek atau motor sport. Namun, motor matic memang membutuhkan perawatan khusus, terlebih sekarang motor matic sudah banyak menggunakan teknologi injeksi.

Berikut ini tips yang bisa diterapkan untuk merawat motor matic Anda supaya motor tetap awet.

  1. Rutin Cek Kondisi Vanbelt & Roler

Melakukan servis berkala kondisi vanbelt merupakan hal wajib yang tidak boleh ditinggalkan bagi pemilik motor matic. Kondisi vanbelt yang terbuat dari karet dikhawatirkan akan putus ditengah jalan, Ketika melewati usia pakainya. Selalu gunakan suku cadang yang original sehingga membuat motor matic lebih terjamin karena pasti lebih awet.

      2. Usahakan Kecepatan Gas Stabil

nya hal ini sering dilakukan oleh pengguna motor matic, yakni ketika kecepatan motor dalam kondisi cepat secara tiba–tiba menurunkan gas begitu pun sebaliknya. Sebab, tanpa disadari hal ini akan merusak masa umur mesin. Dengan kecepatan yang kurang stabil tak hanya akan merusak mesin namun sampai juga pada vanbelt motor.

 

  3. Nyalakan Motor Secara Rutin

Menyalakan motor secara rutin adalah salah satu cara merawat mesin dan aki kendaraan Anda. Tujuannya agar performa mesin dan kelistrikan motor Anda dapat lebih maksimal. Nyalakan motor dalam keadaan stasioner (langsam) selama 3 – 4 menit, gas dan tahan selama beberapa detik, lakukan pengulangan selama minimal 3 kali.

       4. Rawat Aki

Pengguna motor matic sebaiknya sering mengecek kondisi akinya. Kondisi aki yang rusak di motor matic berpengaruh terhadap kelistrikan mesin dan pencahayaan, lampu biasanya jadi kurang terang dan saat menghidupakan mesin Anda harus menggunakan kick starter. Agar tak perlu mengecek terlalu sering, dapat menggunakan aki Yuasa Maintenance Free karena bebas perawatan.

Apabila ada kebutuhan pembelian aki, Yuasa Battery memberikan solusi untuk pembelian aki secara online dan bahkan bisa dipasangkan langsung oleh teknisi Yuasa (syarat & ketentuan berlaku) melalui aplikasi Yuasa App. Aplikasi mobile Yuasa App dapat diunduh untuk dua platform sistem operasi yakni versi iOS dan Android.

Berikut link download Yuasa App