Comeback-nya Marc Marquez & Kemenangan Enea Di MotoGP Aragon 2022

Jalannya MotoGP Aragon berlangsung sengit dan dramatis. Balapan ke-15 Kejuaraan Dunia 2022 ini berlangsung di Sirkuit MotorLand Aragon, Spannyol, pada Minggu (18/9/2022) malam WIB.

Rider Gresini Racing, Enea Bastianini berhasil menjadi pemenang MotoGP Aragon 2022 dengan catatan waktu 41 menit 35,462 detik. Kemenangan Bastianini kali ini terbilang sangat dramatis. Hal itu tidak lepas dari keberhasilan Bastianini menyalip Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) di Tikungan 7 pada lap terakhir untuk mengambil alih pimpinan balapan.

Setelah itu, Bastianini mendapatkan perlawanan sengit dari Bagnaia. Namun, Bastianini sukses melewati garis finis terlebih dahulu dengan keunggulan kurang dari sepersepuluh detik atas Bagnaia.

Ini adalah kemenangan keempat Bastianini pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2022. The Beast, julukan Bastianini, kali ini naik podium MotoGP Aragon 2022 ditemani oleh Bagnaia dan Aleix Espargaro (Aprilia Racing).

Adapun insiden yang berlangsung diawal balapan MotoGP Aragon ini. Balapan yang harusnya menjadi momen manis untuk Marc Marquez seusai absen balapan nyaris empat bulan karena penyembuhan cedera lengan kanan. Namun apadaya, yang terjadi malah sebaliknya.

Start di posisi 13, Marquez berhasil naik ke posisi enam pada tikungan pertama, namun kemudian ditabrak oleh Quartararo di tikungan 3. Hal itu membuat serpihan motor Quartararo tersangkut di bagian belakang motor Marquez.

Kondisi tersebut mempengaruhi laju motor Marquez. Ia terpaksa melambat saat keluar dari tikungan 7, namun hal itu membuat dirinya disenggol oleh Nakagami.

Kejadian itu meninggalkan sejumlah lecet di dada Quartararo, sedangkan Nakagami menderita luka di dua jarinya. Marquez tak mengalami cedera, namun tak bisa melanjutkan lomba dan kembali ke pit di akhir lap pertama karena motornya bermasalah.

"Itu murni kecelakaan balapan, sangat tak beruntung karena Fabio sangat-sangat dekat dan kemudian saya merasakan ada kontak, dari sana (kecelakaan dengan Quartararo) semuanya bermula. Saat saya masuk tikungan 5, saya merasa ada yang aneh, 'ada apa?', lalu saya membuka gas saat melaju di tikungan 6,7, saya merasa baik-baik saja, lanjut pada tikungan 7, Nakagami menyalip saya lalu melebar, lalu saat saya berada di sisi dalam, dan sudah sedikit berada di depannya, saya memakai holeshot, namun setelahnya ban belakang saya terkunci.” ujar Marquez, dikutip Motorsport.

MotoGP seri berikutnya yakni di Sirkuit Motegi, Jepang pada 25 September. Bisakah Marquez bangkit dan kembali meraih poin perdana usai comeback?

Klasemen MotoGP 2022 usai GP Aragon:

  1. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) 211 poin
  2. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) 201
  3. Aleix Espargaro (Aprilia Racing) 194
  4. Enea Bastianini (Gresini Racing) 163
  5. Jack Miller (Ducati Lenovo) 134
  6. Johann Zarco (Pramac Racing) 133
  7. Brad Binder (Red Bull KTM) 128
  8. Alex Rins (Suzuki Ecstar) 108
  9. Jorge Martin (Pramac Racing) 104
  10. Maverick Vinales (Aprilia Racing) 104