Diluar Prediksi Rookie KTM Beri Kejutan Di MotoGP Ceko 2020

MotoGP seri ketiga berlangsung di Sirkuit Brno, Republik Ceko, Minggu (9/8/2020) malam WIB. Kejutan terjadi ketika rider Redbull KTM Factory Racing, Brad Binder, keluar sebagai juara. Pebalap asal Afrika Selatan ini mencuri perhatian sebab ia tercatat sebagai rookie pertama yang mampu meraih kemenangan di kelas premier MotoGP 2020. Sebelumnya rekor itu dipegang Marc Marquez (Repsol Honda) pada motoGP Americas 2018 di Austin.

 

 

Hasil ini merupakan perkembangan pesat bagi Brad Binder, yang pada dua seri sebelumnya (MotoGP Spanyol dan Andalusia) gagal merebut podium. Pada Motogp Spanyol, Binder hanya berhasil di peringkat ke-13 sedangkan pada MotoGP Andalusia dia gagal mencapai finis.

Jalannya balapan MotoGP Ceko kemarin berlangsung cukup seru sejak awal lap. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) tampil garang dan berhasil menyalip Johann Zarco di putaran pertama. Sayang, kondisi ban Morbidelli cepat aus sehingga memberi kesempatan bagi Brad Binder untuk mengejar. Benar saja, pada pertengahan balapan, Binder langsung melesat dan meninggalkan semua pebalap rivalnya di belakang. Hingga bendera finis dikibarkan, Binder berhasil menjadi pebalap yang paling cepat di balapan kali ini, dengan catatan waktu 41 menit 38,764 detik.

Sementara itu, menyusul di posisi kedua ada Morbidelli. Dia menyentuh garis finis lebih lambat 5,266 detik dibandingkan Binder.

Melengkapi posisi podium ada rider Avintia, Johann Zarco. Pebalap asal Prancis itu sempat mendapatkan penalti long lap karena bersenggolan dengan rekan setim Binder, Pol Espargaro hingga terjatuh saat balapan menyisakan 13 lap. Akhirnya Zarco finis di posisi ketiga dengan jarak waktu 6,470 detik dari Brad Binder.

Apresiasi juga patut diberikan kepada pebalap Suzuki Alex Rins dan sang legenda Valentino Rossi yang menuntaskan balap di posisi keempat dan kelima. Rins start dari posisi ke-11, sementara The Doctor memulai dari posisi 10 bersama Yamaha YZR-M1-nya.’

Sedangkan tim Honda Racing (HRC) masih kehilangan performanya. Cederanya Marc Marquez membuat Honda benar-benar tak berkutik. Alex Marquez tidak bisa memberikan kejutan yang menyenangkan untuk Honda. Alex hanya berada di posisi ke-13 di klasemen MotoGP 2020 dan belum pernah sekalipun finis di posisi tujuh besar.

Selanjutnya seri keempat GP Austria (16 Agustus 2020) dan seri kelima GP Styria (23 Agustus 2020) akan dilangsungkan dilokasi yang sama yaitu di Sirkuit Red Bull Ring, Austria. Mari kita nantikan kejutan-kejutan lain yang dihadirkan para pebalap MotoGP 2020.