Drama Pembalap Bertumbangan Di MotoGP Austria 2020

Balapan seri keempat MotoGP 2020 di Red Bull Ring, Spielberg, Austria, Minggu (16/8/2020) berhasil dimenangkan oleh pebalap tim Ducati, Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati). Ini adalah kemenangan ketiga Dovizioso dalam lima tahun terakhir di MotoGP Austria. Kemenangan ini juga membuat Dovi naik ke peringkat kedua dengan perolehan 56 poin di klasemen MotoGP 2020.


Namun cerita utama dari balapan ini adalah saat terjadinya beberapa insiden yang membuat para pebalap bertumbangan.

Drama pertama terjadi di lap kesembilan, insiden tabrakan antara Franco Morbidelli (Petronas Yamaha) dan Johann Zarco (Reale Avintia). Morbidelli dan Zarco terjatuh, sementara dua motor masih melaju kencang tak terkendali. Motor milik Morbidelli dan Zarco itu kemudian nyaris menghantam Valentino Rossi dan Maverick Vinales yang sedang melintasi tikungan ketiga.

Dalam tayangan ulang terlihat Rossi cukup kaget dengan motor yang tiba-tiba muncul dari sebelah kanan. Beruntung Rossi tidak mengalami kecelakaan dan mampu finis di peringkat kelima.

Setelah kecelakaan nahas tersebut, bendera merah sempat dikibarkan dan balapan ditunda beberapa waktu. Balapan dimulai kembali dengan posisi terakhir para pebalap pada lap kedelapan setelah bendera merah dikibarkan.

Tak hanya Morbidelli dan Zarco yang harus gagal finis. Pol Espargaro dan Miguel Oliveira pun bersenggolan di tengah balapan dan tak bisa menyelesaikan balapan. Pada tikungan keempat lap kesembilan setelah balapan kembali dimulai, Pol melebar dan motornya bersinggungan dengan motor Oliveira yang berada di sisi dalam. Kedua pembalap sempat terlihat beradu argumen sesaat setelah bangun dari jatuh.

Tidak lama setelah kecelakaan tersebut, Alex Rins yang sedang berada di posisi kedua, jatuh di tikungan kelima lap kesepuluh.

Drama yang terjadi di MotoGP Austria bukan hanya mengenai kecelakaan, namun juga kesulitan yang menimpa Maverick Vinales dan Fabio Quartararo. Start dari baris terdepan, kedua pembalap Yamaha itu kemudian gagal menempati podium. Vinales harus puas di peringkat ke-10 sementara Quartararo mengakhiri balapan di urutan kedelapan.

Sedangkan duel perebutan peringkat kedua yang melibatkan Joan Mir dan Jack Miller menjadi drama penutup MotoGP Austria 2020. Mir yang berada di belakang Miller mampu memanfaatkan tikungan terakhir sebagai tempat untuk menyalip. Mir pun finis kedua dan meraih podium pertama untuk musim ini.