Hasil MotoGP British 2022: Pecco Bagnaia Rebut Podium Pertama

Pebalap Ducati, Francesco Bagnaia berhasil menjadi yang tercepat pada gelaran MotoGP Inggris 2022, Minggu (7/8/2022), di Sirkuit Silverstone, Inggris. Rider Ducati ini sudah mengoleksi empat kemenangan MotoGP musim ini. Bagnaia mengakhiri race sebagai pemenang dengan catatan waktu 40 menit 10,260 detik.

Sejak sesi kualifikasi seri ke-12 ini, persaingan antar pebalap sangat ketat.
Johan Zarco berhasil meraih pole position dan mencetak rekor baru di sirkuit Silverstone. Selepas start, Zarco langsung melesat lewati tikungan pertama dan memimpin jalannya balapan. Fabio Quartararo berhasil merangsek ke posisi kedua. Namun, Quartararo masih harus melakukan penalti Long Lap.

Sementara posisi ketiga, tetap ditempati oleh Jack Miller. Maverick Vinales yang start dari posisi kedua malah merosot hingga posisi kelima. Rekan setimnya, Aleix Espargaro, bertahan di posisi ketujuh pada lap pertama.

Memasuki lap keempat, Quartararo akhirnya melakukan penalti Long Lap. Kondisi ini membuatnya kehilangan banyak posisi. Quartararo kembali ke barisan di posisi kelima. Sementara pesaing ketatnya, Aleix, masih ada di belakangnya dengan bertahan di posisi kedelapan.

Masuk lap kelima, Zarco malah terjatuh. Dia mengalami low side di tikungan 8 saat memimpin jalannya balapan, Zarco dipastikan tidak bisa melanjutkan balapan. Jack Miller mengambil alih posisi pertama. Rider Ducati itu bersaing ketat dengan pebalap Suzuki, Alex Rins, yang melesat dari P11 ke barisan depan.

Rins menyalip Miller di lap keenam dan merebut posisi pertama. Francesco Bagnaia mengambil alih urutan kedua dari Miller tak lama berselang. Bagnaia berhasil menyalip Rins dan mengambil alih posisi terdepan pada lap ke-12. Miller ikut mendahului Rins pada lap ke-14 dan merebut posisi dua.

Memasuki lap terakhir, Maverick Vinales mampu mendekati Pecco bahkan sesekali mengancam posisi terdepan. Sempat Vinales mengambil alih posisi pertama, namun langsung dibalas lagi oleh Pecco. Hingga akhirnya, Pecco Bagnaia mampu memastikan diri menjadi juara di GP Inggris, diikuti oleh Vinales dan Jack Miller.

5 Besar Hasil MotoGP Inggris 2022:

  1. Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP22)
  2. Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP)
  3. Jack Miller AUS Ducati Lenovo (GP22)
  4. Enea Bastianini ITA Gresini Ducati (GP21)
  5. Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP22)

5 Besar Klasemen Sementara MotoGP 2022 setelah MotoGP British 2022:

  1. Fabio Quartararo 180pts
  2. Aleix Espargaro 158pts
  3. Francesco Bagnaia 131pts
  4. Enea Bastianini 118pts
  5. France Johann Zarco 114pts