Hasil MotoGP Qatar 2022: Kemenangan Bersejarah Enea Bastianini

MotoGP Qatar merupakan seri pembuka Kejuaraan Dunia 2022 yang berlangsung di Sirkuit Internasional Losail, Doha, Qatar, pada Minggu (6/3/2022) malam WIB. Dalam balapan yang berlangsung 22 putaran ini memberikan hasil diluar prediksi, Enea Bastianini (Gresini Ducati) berhasil menjuarai balapan mengungguli lawan-lawan dari tim lebih besar lainnya.

Saat balapan MotoGP Qatar 2022 dimulai, Duo Tim Repsol Honda, Marc Marquez dan Pol Espargaro, langsung melesat ke posisi terdepan setelah start, melibas peraih pole position Jorge Martin (Pramac Racing) dan Bastianini.

Di depan, Pol Espargaro yang start dari posisi kelima kemudian mengambil posisi pertama milik Marc Marquez hanya setelah satu lap balapan berlangsung. Pembalap Spanyol tersebut berhasil terus memimpin dan memperlebar gap.

Tetapi tak perlu waktu lama, Brad Binder dari tim pabrikan KTM berhasil salip Marc Marquez untuk duduki posisi kedua. Bastianini yang jadi juara sempat berada di posisi keempat sebelum akhirnya menyalip Marc Marquez, Brad Binder, dan mengejar Pol Espargaro pada lap ke-10. Saat itu, gap Pol Espargaro dengan Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) di posisi kedua sudah sekitar 1 detik.

Sembilan lap menjelang finis, Bastianini memanfaatkan kekuatan power Ducati Desmosedici GP21 untuk melibas KTM RC16 geberan Binder di trek lurus terpanjang Sirkuit Losail, untuk merebut posisi kedua.

Tiga lap berselang, Bastianini memperkecil gap dengan Espargaro menjadi sekitar 0,6 detik. Pada akhir lap 17, Bastianini lagi-lagi memanfaatkan trek lurus sejauh 1,068 km Sirkuit Losail, untuk melewati Honda RC213V milik Espargaro.

Akhirnya, di lap ke 18, Pol Espargaro gagal mempertahankan posisi kesatu miliknya dan melebar di tikungan pertama. Saat itulah, Enea Bastianini langsung melesat merebut posisi satu yang bertahan hingga akhir.

Dengan kemenangan ini, Enea Bastianini mencetak dua sejarah baru. Pertama kemenangan di MotoGP Qatar 2022 menjadi kemenangan pertama dia selama berlaga di kelas utama MotoGP yag dimulai pada musim 2021 lalu. Kedua, kemenangan ini juga menjadi yang pertama bagi tim balap 'Indonesia' Gresini Ducati  yang baru saja berdiri pada tahun 2022.

Sejumlah kecelakaan juga terjadi pada MotoGP Qatar. Rookie Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team) terjatuh saat lomba baru berangsung enam lap. Berikutnya, Jack Miller (Ducati Lenovo), Alex Marquez (LCR Honda Castrol), dan Miguel Oliveira (Red Bull KTM Factory Racing) juga tidak mampu melanjutkan balapan karena terjatuh.

Namun yang paling disorot adalah kecelakaan yang melibatkan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dan Jorge Martin pada lap 15. Keduanya sedang berduel di Tikungan 1 saat Bagnaia yang berada di sisi dalam tergelincir. Martin yang saat itu berusaha mengambil posisi Bagnaia dari sisi luar, tidak mampu menghindar. Keduanya pun tergelincir ke area run-off. Setelah kecelakaan tersebut, Martin dikabarkan langsung dilarikan ke medical center untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

Balap MotoGP berikutnya akan diselenggarakan di Indonesia dengan tajuk Pertamina Grand Prix of Indonesia di Sirkuit Mandalika dan akan digelar dua pekan lagi pada Minggu, 20 Maret 2022.

Hasil MotoGP Qatar 2022

1. Enea Bastianini (Gresini Racing)                             25 pts

2. Brad Binder (Red Bull KTM)                                    20 pts

3. Pol Espargaro (Repsol Honda)                               16 pts

4. Aleix Espargaro (Aprilia Racing)                             13 pts

5. Marc Marquez (Repsol Honda)                               11 pts

6. Joan Mir (Suzuki Ecstar)                                         10 pts

7. Alex Rins (Suzuki Ecstar)                                          9 pts 

8. Johann Zarco (Pramac Racing)                                8 pts

9. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha)            7 pts

10. Takaaki Nakagami (LCR Honda)                             6 pts 

11. Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha)          5 pts

12. Maverick Vinales (Aprilia Racing)                           4 pts

13. Luca Marini (Mooney VR46 Racing)                       3 pts

14. Andrea Dovizioso (WithU RNF Yamaha)                2 pts

15. Remy Gardner (Tech3 KTM)                                   1 pts

16. Darryn Binder (WithU RNF Yamaha)                      0 pts

17.Fabio di Giannantonio (Gresini Racing)                   0 pts

18. Raul Fernandez (Tech3 KTM)                                 0 pts

Did not finish (DNF)

19. Jorge Martin (Pramac Racing)                                 0 pts

20. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team)              0 pts

21. Miguel Oliveira (Red Bull KTM)                                0 pts

22. Alex Marquez (Mooney VR46 Racing)                     0 pts

23. Jack Miller (Ducati Lenovo Team)                            0 pts

24. Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing)               0 pts