Hasil Sensasional Dari MotoGP Emilia Rogmana 2021

Hasil sensasional di seri motoGP Emilia Romagna seri ke-16 Kejuaraan Dunia musim ini yang dihelat di Misano World Circuit Marco Simoncelli pada Minggu (24/10/2021) malam WIB. Dimana ada 3 perayaan sekaligus yang dilakukan yaitu Marc Marquez sebagai juara pada ser kali ini, Fabio Quartararo untuk mengunci sebagai juara dunia motoGP 2021 dan Valentino Rossi merupakan penampilan homebase terakhir sebelum memutuskan pensiun dari perhelatan motoGP tahun depan.

Seri MotoGP Emilia Romagna ini menjadi match point bagi penentuan gelar juara dunia antara Fabio Quartararo dan Francesco Bagnaia. Pecco, julukan Bagnaia, memang berambisi memperpanjang perebutan gelar juara dunia, sekaligus memanfaatkan momentum Quartararo yang harus start dari posisi ke-15.

Pada lima putaran awal, balapan berlangsung cukup perlahan dan stagnan. Barisan pebalap tidak berubah secara signifikan namun terdapat beberapa pembalap menunjukkan performa baik. Sementara Marc Marquez yang memulai balapan dari posisi tujuh, kembali menunjukkan performa agresif. Dengan star yang baik, Marquez langsung melesat kedepan mengambil posisi ke-3 dan menempel ketat Jack Miller dan Bagnaia. Ia mengincar posisi teratas yang ditempati Francesco Bagnaia, setelah Jack Miller terjatuh di putaran ke-2 pada tikungan ke-15.. Tapi, jaraknya cukup jauh sekitar 2,55 detik dari Marquez.

Memasuki putaran ke-15, perbedaan jarak antara Bagnaia dengan Marquez dalam merebutkan posisi terdepan semakin tipis. Sementara ke posisi tiga Tepat berada di belakangnya, Pol Espargararo dan Miguel Oliveira yang terus berusaha mengejar Marques dan Bagnaia. Namun jarak diantara mereka cukup jauh, yakni sekitar 3,33 detik. Dalam beberapa tikungan, Marquez nampak mendekat tapi dalam trek yang lurus, Bagnaia langsung memperlihatkan kehebatan kecepatan Ducati dengan melaju menjauh dari ancaman mantan juara dunia MotoGP 2019 itu.

Nasib sial menimpa Pecco, di lima Lap terakhir Ia harus meluncur ke gravel, dan gagal melanjutkan jalannya balapan. Marc Marquez pebalap berjuluk Baby Alien secara otomatis langsung mengambil alih pimpinan lomba. Marc Marquez menyelesaikan balapan dengan tempo 41 menit 52,830 detik. Posisi kedua ditempati oleh rekan setim Marc Marquez yakni Pol Espargaro dengan beda 4,8 detik. Adapun posisi ketiga diraih oleh Enea Bastianini dari Avintia Esponsorama.

Jatuhnya Bagnia bukan hanya membawa Marquez menjadi juara namun juga memberikan kesempatan pada Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, untuk mencatatkan sejarah dengan mengunci gelar Juara Dunia MotoGP 2021. Sementara itu, Valentino Rossi mengakhiri balapan terakhirnya di tanah Italia dengan catatan finis Ke-11. Ini sebuah raihan positif mengingat ia memulai balapan dari posisi 23 atau terakhir.

 

Hasil MotoGP Emilia Romagna

  1. Marc MARQUEZ - Repsol Honda Team
  2. Pol ESPARGARO - Repsol Honda Team
  3. Enea BASTIANINI - Avintia Esponsorama
  4. Fabio QUARTARARO - Monster Energy Yamaha MotoGP
  5. Johann ZARCO - Pramac Racing
  6. Alex RINS - Team SUZUKI ECSTAR
  7. Aleix ESPARGARO - Aprilia Racing Team Gresini
  8. Maverick VIÑALES - Aprilia Racing Team Gresini
  9. Luca MARINI - SKY VR46 Avintia
  10. Brad BINDER - Red Bull KTM Factory Racing
  11. Valentino ROSSI - Petronas Yamaha SRT
  12. Michele PIRRO - Ducati Lenovo Team
  13. Andrea DOVIZIOSO - Petronas Yamaha SRT
  14. Franco MORBIDELLI - Monster Energy Yamaha MotoGP
  15. Takaaki NAKAGAMI - LCR Honda IDEMITSU

 

Klasemen Sementara MotoGP 2021

  1. Fabio Quartararo 267
  2. Francesco Bagnaia 202
  3. Joan Mir 175
  4. Johann Zarco 152
  5. Jack Miller 149
  6. Marc Marquez 142
  7. Brad Binder 136
  8. Aleix Espargaro 113
  9. Maverick Vinales 106
  10. Miguel Oliveira 92