Insiden Besar Terjadi Di MotoGP Catalunya 2019

Pertandingan MotoGP 2019 seri ke-7 di Circuit de Barcelona – Catalunya selesai diadakan pada Minggu (16/6/19) dan berlangsung dramatis.

Baru memasuki lap ke-2 di tikungan 10, Lorenzo sudah jatuh akibat kehilangan grip depan saat mencoba melewati Andrea Dovizioso, insiden ini terjadi sangat cepat mengakibatkan motor Lorenzo terpental dan terjatuh sehingga mengenai Dovizioso, Vinales, dan Rossi yang membuat ketiga top racer ini ikut jatuh dan harus mengakhiri pertandingan dan tidak melanjutkan race karena terjadi kerusakan pada motor mereka.

Beruntung bagi Marquez yang sudah berada lebih di depan sehingga tidak ikut dalam tabrakan beruntun tersebut. Disusul oleh Petrucci yang juga terhindar dari tabrakan di belakang Rossi. Sisa pertandingan berjalan dengan lancar menyisakan 13 pebalap yang bisa menyelesaikan race dari total 24 pebalap. Terlihat juga para fans empat pebalap yang mengalami insiden tersebut terlihat kecewa selama mengikuti sisa pertandingan MotoGP Catalunya ini.

Marc Marquez mengakhiri  pertandingan di posisi pertama, lalu Fabio Quartararo dari tim Petronas Yamaha SRT menduduki podium kedua, hal ini menjadi prestasi pertama untuk Quartararo di kelas premier MotoGP, dan Danillo Petrucci pebalap tim Mission Winnow Ducati di posisi ketiga.

Diakhir pertandingan, Lorenzo meminta maaf kepada tiga pebalap yang ikut menjadi korban crash nya di pertandingan MotoGP Catalunya. Lorenzo mengakui kesalahannya di insiden tikungan 10 tersebut, ia telat melakukan rem saat melewati tikungan 10. Namun seperti yang dikutip dari Autosport, pihak yang memiliki wewenang untuk menghukum pebalap MotoGP mengatakan bahwa tidak akan melanjutkan kasus insiden tersebut.