King Of The Ring: Marc Marquez Akhirnya Meraih Kemenangan Di Sachsenring

MotoGP Jerman 2021 yang diadakan pada Minggu malam (20/6/21) adalah pertandingan yang mendebarkan sejak awal, dengan ancaman hujan yang membayangi sirkuit Sachsenring. Ini merupakan salah satu pertandingan Grand Prix yang paling sensasional, akhirnya Marc Marquez (Repsol Honda) meraih kemenangan pertamanya setelah kembali dari cedera patah tulang lengan kanan yang dialaminya pada musim lalu.

Selain itu, Marc Marquez pun berhasil "mempertahankan takhta-nya" sebagai penguasa Sirkuit Sachsenring. Marquez berhak menyandang status tersebut karena selalu berhasil menjadi pole sitter sekaligus memenangi balapan di Sirkuit Sachsenring sejak 2010. Marc Marquez yang start dari posisi kelima langsung melesat hingga urutan kedua pada awal balapan. Memasuki lap kedua, Marquez yang merupakan penguasa Sachsenring selama 10 tahun terakhir berhasil membalap Aleix Espargaro di urutan pertama.

Sementara itu, Johann Zarco dan Fabio Quartararo yang semula berada di front row merosot dan berurutan menempati posisi ketiga dan keempat. Lap 5, Fabio Quartararo keluar dari lima besar dan menempati posisi keenam usai dibalap Jack Miller dan Miguel Oliveira. Di sisi lain, ikon MotoGP sekaligus pebalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi berada di urutan ke-14. Tak berselang lama, insiden terjadi di lap-5 tikungan 1 saat Alex Marquez dan Danilo Petrucci crash. Rekan satu tim Aleix Espargaro yakni Lorenzo Savadori juga harus menyudahi balapan lebih dini akibat crash di tikungan 10.

Balapan menyisakan 17 putaran, Miguel Oliveira berhasil melakukan manuver untuk merebut posisi kedua. Penampilan yang mengesankan juga ditunjukkan Joan Mir dari Suzuki, dia memulihkan posisinya di urutan kedelapan. Marc Marquez semakin menjauh dari kejaran rival terdekat, Miguel Oliveira saat balapan berlangsung separuh jalan. Posisi tiga terdepan tak berubah hingga lap terakhir MotoGP Jerman 2021, posisi kedua dan ketiga pada balapan MotoGP Jerman tersebut ditempati oleh Miguel Oliveira (KTM) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha).

Selepas balapan, Marc Marquez mencurahkan kegembiraannya di akun Twitter-nya @marcmarquez. Dia memberikan kemenangannya tersebut kepada semua pihak yang selalu mendukungnya meski sedang terpuruk. “Terima kasih untuk kalian semua yang selalu ada. Saya tidak bisa menjelaskan apa arti kemenangan ini. Mari kita nikmati momen ini bersama-sama. Terima kasih dari lubuk hati,” tulisnya.

Top 10 MotoGP Jerman 2021 :

  1. Marc Marquez (Repsol Honda Team) 41'07.243
  2. Miguel Oliveira (Red Bull KTM Factory Racing) +1.610
  3. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) +6.772
  4. Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) +7.922
  5. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) +8.591
  6. Jack Miller (Ducati Lenovo Team) +9.086
  7. Aleix Espargaro (Aprilia Racing Gresini Team) +9.371
  8. Johann Zarco (Pramac Racing) +11.439
  9. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) +11.625
  10. Pol Espargaro (Repsol Honda Team) +14.769