KTM Kembali Bersinar Di MotoGP Styria 2020

Seri kelima rangkaian MotoGP 2020, telah dilangsungkan di Sirkuit Red Bull Ring Spielberg, Austria, pada Minggu (23/8/2020) malam WIB.

Miguel Oliveira, tampil sebagai yang tercepat dalam gelaran MotoGP Styria 2020. Keberhasilan pembalap Portugal ini terjadi ketika berhasil melakukan overtake Pol Espargaro dan Jack Miller di tikungan terakhir sebelum garis finis.

Kemenangan Oliviera juga mematahkan dominasi Ducati di Austria yang memenangkan lima balapan sebelumnya, hal ini juga merupakan kemenangan pertama Oliviera di sepanjang kariernya di MotoGP. Kemenangan fantastis Oliveira membuatnya mendapatkan hadiah bonus berupa satu unit mobil BMW M4 dimana balapan kali ini merupakan balapan seri ke-900 di kelas utama balap motor grand prix.

Pertarungan untuk perebutan posisi pertama pada awalnya terjadi di antara Pol Espargaro dan Jack Miller saja. Ketika memasuki tikungan ketiga, posisi Pol agak melebar. Hal itu lantas dimanfaatkan oleh Miller untuk mengambil tempat terdepan.

Duel ini terus berlanjut hingga dua tikungan terakhir menjelang finis. Puncaknya, pada tikungan terakhir Miller sengaja mendesak Pol agar melebar. Namun, situasi ini justru dimanfaatkan oleh Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech3) yang tepat berada di belakang mereka untuk menggeber motor dan finis pertama. Jack Miller (Pramac Ducati) kemudian finis kedua, diikuti Pol Espargaro (Redbull KTM Factory Racing) ditempat ketiga.

Hadirnya dua pebalap KTM di podium MotoGP Styria 2020 ini mendapatkan pujian dari Direktur Tim KTM, yakni Pit Beirer. “Ini benar-benar luar biasa. Saya bisa mengatakan bahwa ini adalah akhir pekan yang sangat menguras emosi untuk kami. Kami sempat tak percaya akan ada pembalap kami yang memenangkan balapan ini,” ucap Beirer, seperti disadur dari Speedweek, Senin (24/8/2020).

Selama balapan berlangsung, bendera merah sempat berkibar lantaran Maverick Vinales mengalami kecelakaan tunggal di tikungan 1 pada lap ke-16. Sebelumnya Vinales sempat terlihat beberapa kali mengangkat tangannya saat dia mengalami masalah teknis di awal balapan. Pembalap Monster Energy Yamaha itu menjatuhkan diri dari motor yang diduga mengalami masalah rem. Motor miliknya kemudian melaju kencang dan menabrak pagar udara sampai terbakar.

Dua seri MotoGP (Austria & Styria) di Sirkuit Red Bull Ring berlangsung penuh drama dan menegangkan. Selanjutnya seri keenam MotoGP San Marino (13 September 2020) dan seri ketujuh MotoGP Emilia Romagna (20 September 2020) akan berlangsung di sirkuit yang sama yaitu Sirkuit Misano. Apakah akan sama menegangkannya? Mari kita nantikan bersama.