Manuver Tikungan Terakhir Jadikan Marquez Resmi Juara Dunia Di MotoGP Thailand 2019

Marc Marquez sukses mengunci posisi juara dunia di MotoGP 2019 setelah menjadi yang tercepat di MotoGP Thailand di Sirkuit Chang, Buriram, Minggu (6/10/19). Kemenangan di Buriram ini menghasilkan total 352 poin, dan akan menjadi gelar juara MotoGP ke-6 sepanjang kariernya sekaligus gelar juara  dunia ke-8 dari semua kelas (termasuk 125cc dan Moto2).

Balapan kali ini untuk tiga posisi start teratas dihuni oleh, Fabio Quartararo diposisi pertama, Maveric Vinales diposisi kedua, dan Marc Marquez pada posisi ketiga. Selama tiga lap pertama, duel ketat terjadi di posisi terdepan. Fabio Quartararo harus terus berusaha melarikan diri dari kejaran Marquez. Sementara, Vinales tak ingin kehilangan jarak dari dua pembalap di depannya.

Persaiangan yang tak kalah seru juga terjadi antara Joan Mir dan Valentino Rossi yang berebut posisi keenam. Dua pembalap yang memulai balapan dari posisi kedelapan dan kesembilan itu bertarung seru dan akhirnya Rossi mampu mengambil alih posisi keenam pada lap keempat.

Tekanan dari Marc Marquez makin terasa bagi Quartararo ketika memasuki lap ke 22. Pembalap Repsol Honda itu sempat berada di samping Quartararo sebelum kembali ke belakangnya karena tikungan yang membuatnya harus kembali ke posisi kedua. Menekan terus selama empat lap terakhir, Marquez akhirnya berhasil mengambil alih posisi terdepan dengan catatan waktu 39 menit 36,223 detik.

Pertandingan berakhir dengan podium pertama diisi oleh Marquez, podium kedua Quartararo, dan podium ketiga Maverick Vinales. Sedangkan Valentino Rossi harus puas dengan finis di posisi ke-8, sudah dua balapan beruntun Rossi hanya finis di urutan kedelapan.

Dengan menyisakan empat seri balapan lagi di musim 2019, yaitu di Jepang, Australia, Malaysia, dan Valencia. Posisi Marquez sudah tidak mungkin dikejar lagi posisinya oleh pebalap lain.