MotoGP Argentina: Marco Bezzecchi Berhasil Menggeser Bagnaia Di Puncak Klasemen

Rider Mooney VR46 Marco Bezzecchi memenangi MotoGP Argentina 2023 pada balapan yang dihelat di Autodromo Termas de Rio Hondo, Senin (3/4/2023) dini hari WIB. Marco Bezzecchi tak hanya berhasil memenangi MotoGP Argentina, namun dia juga sukses mengambil alih puncak klasemen dari Bagnaia.

Balapan MotoGP berlangsung di atas lintasan basah usai hujan mengguyur deras area balapan. Bezzecchi langsung mengambil posisi pertama dari belokan pertama setelah start. Bezzecchi memulai lomba dengan kecepatan yang kuat dengan membuka jarak setengah detik dari pembalap di belakangnya.

Pemenang lomba sprint kemarin, Brad Binder terjatuh di tikungan 5 pada lap pertama usai sedikit terkena kontak dengan Maverick Vinales. Sementara nasib apes juga dialami Fabio Quartararo mengalami kesulitan di lap pertama setelah melebar di tikungan 7 karena manuver Takaaki Nakagami. Pembalap Yamaha itu kemudian melorot ke posisi 16.

Perubahan posisi di depan baru terjadi pada lap ke-16, ketika Bagnaia sukses menyalip Alex Marquez untuk berada di posisi kedua. Satu lap kemudian Bagnaia melakukan blunder. Juara bertahan MotoGP itu kehilangan kendali di tikungan 13 hingga terjatuh. Meski mampu melanjutkan balapan, Bagnaia akhirnya hanya mampu finis ke-16 di depan Brad Binder.

Jatuhnya Bagnaia membuka jalan untuk Morbidelli berpeluang naik podium dengan menempati posisi ketiga. Akan tetapi Morbidelli gagal mempertahankan posisi ketiganya usai motornya tak mampu meladeni Johann Zarco.

Zarco menunjukkan kecepatan luar biasa, Ia mengambil alih posisi ketiga saat balapan tersisa 3 lap lagi, Ia pun mengincar posisi dua dari Alex Marquez. Bezzecchi akhirnya sukses finis pertama dengan catatan waktu 44 menit 28,518 detik lebih keunggulan 4 detik lebih dari Zarco yang mencuri posisi dua, ditutup oleh Alex Marquez di posisi ketiga jelang balapan berakhir.

Berkat kemenangan di MotoGP Argentina dan juga posisi dua di sprint race, Marco Bezzecchi kini berada di puncak klasemen MotoGP 2023 dengan 50 poin. Dia menggeser Bagnaia yang harus puas di posisi dua dengan 41 poin.

Klasemen Sementara MotoGP 2023

1. #72 Marco Bezzecchi - Mooney VR46 Racing Team - Ducati - 50

2. #1 Francesco Bagnaia - Ducati Lenovo Team - Ducati - 41

3. #5 Johann Zarco - Prima Pramac Racing - Ducati - 35

4. #73 Alex Marquez - Gresini Racing MotoGP - Ducati - 33

5. #12 Maverick Viñales - Aprilia Racing - Aprilia - 32

6. #43 Jack Miller - Red Bull KTM Factory Racing - KTM - 25

7. #33 Brad Binder - Red Bull KTM Factory Racing - KTM - 22

8. #89 Jorge Martin - Prima Pramac Racing - Ducati - 22

9. #21 Franco Morbidelli - Monster Energy Yamaha MotoGP - Yamaha - 21

10. #20 Fabio Quartararo - Monster Energy Yamaha MotoGP - Yamaha - 18