Marquez Memimpin Klasemen Sementara MotoGP 2017

Balapan MotoGP musim 2017 seri ke-9 yang berlangsung di sirkuit Sachsenring, Jerman, Minggu (2/7/2017) berhasil dimenangkan oleh pebalap Honda, Marc Marquez. Dengan kemenangan di Sachsenring, Marquez mengambil alih puncak klasemen sementara pebalap MotoGP dengan koleksi 129 poin. Ia unggul tipis lima poin atas Vinales yang naik di peringkat kedua (124 poin) dan Dovizioso turun di peringkat ketiga (123 poin). Bagi Marquez, ini merupakan kali pertama dia memimpin klasemen pada MotoGP 2017.

Selepas start, Marquez langsung memimpin di depan. Dani Pedrosa kedua, Jorge Lorenzo ketiga dan Jonas Folger keempat. Sementara itu, Valentino Rossi naik ke posisi keenam, di belakang Danilo Petrucci. Pergantian di posisi terdepan terjadi pada lap keenam ketika Folger menyalip Marquez dari sisi kiri dan kemudian memimpin balapan. Di belakang Folger, Marquez dan Pedrosa setia membuntuti. Sementara Lorenzo yang punya start bagus makin lama makin menurun posisinya dilewati Andrea Dovizioso, Vinales, dan beberapa pebalap lainnya.

Marquez merebut lagi pimpinan balapan pada lap ke-11 ketika dia menyalip Folger. Sementara Pedrosa tetap setia di posisi ketiga dan menjaga jarak dengan pebalap di belakangnya. Posisi ini pun bertahan sampai lap ke-30. Sedangkan Duo Movistar Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi, melengkapi posisi lima besar.

Salah satu faktor utama yang dapat menentukan hasil balap MotoGP Jerman 2017 adalah kondisi cuaca. Seperti yang sempat diutarakan Valentino Rossi, perubahan cuaca yang berlangsung cepat hingga menyebabkan balapan berlangsung dari satu bendera ke bendera lainnya dapat mempengaruhi performa pembalap di sirkuit Sachsenring.

Selanjutnya, para pembalap MotoGP mendapatkan kesempatan liburan musim panas dan baru kembali bertanding di seri ke-10 MotoGP 2017 di Republik Ceko pada tanggal 6 Agustus 2017.

Jangan lupa juga bahwa Yuasa mengadakan program #YuasaGoesToSepang yaitu menyaksikan MotoGP seri ke-17 di Sepang, Malaysia selama 4 hari 3 malam secara gratis bersama YUASA tanggal 27 – 30 Oktober 2017. Program ini sudah berlangsung dari tanggal 13 Maret 2017 dan akan berakhir pada tanggal 31 Juli 2017. Cara mengikuti program ini sangat mudah, yaitu dengan membeli produk aki Yuasa tipe apa saja (aki mobil atau motor) secara online dan dapatkan kode unik untuk mengikuti undian program #YuasaGoesToSepang. Pembelian bisa dilakukan melalui website loveyuasa.com atau hargaaki.com.