Marquez Nyaris Jatuh & Kemenangan Pertama Bagnaia Di MotoGP Spanyol 2022

Francesco Bagnaia memulai dan mengakhiri MotoGP Spanyol 2022 yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (1/5/2022) malam WIB, di posisi terdepan. Pembalap Lenovo Ducati itu mencatatkan waktu 41 menit 00.554

Bagi Bagnaia, MotoGP Spanyol merupakan kemenangan pertamanya pada musim 2022.  Sebelum balapan di Jerez, pencapaian terbaik Bagnaia adalah finis kelima di MotoGP Argentina dan MotoGP Amerika.

Hasil ini mengembalikan Bagnaia kembali ke trek persaingan juara dunia. Banyak yang menjadikannya favorit musim ini usai jadi runner-up MotoGP musim lalu.

Posisi kedua ditempati oleh Fabio Quartararo, pembalap berjulukan El Diablo ini mengaku kesulitan untuk bisa mengejar Bagnaia saat balapan berlangsung. Meski begitu, Fabio Quartararo masih tetap bertahan di puncak klasemen sementara MotoGP dengan raihan poin 89 poin.

Sementara itu, podium ketiga MotoGP Spanyol 2022 menjadi milik pebalap Aprilia Racing Aleix Espargaro. Saat balapan menyisakan lima putaran atau pada lap 21 terjadi persaingan seru antara Mark Marquez, Jack Miller, dan Espargaro.

Marquez behasil menyodok keurutan ketiga. Namun keunggulan itu tidak berlangsung lama. Marquez hampir tergelincir dan melebar di tikungan ke-13, situasi ini memberikan ruang bagi Espargaro dan Miller untuk menyalipnya.

Alhasil ada periode tersebut posisi lima besar pun diisi oleh Bagnaia, Quartararo, Espargaro, Marquez, dan Miller.  Marc Marquez berhasil menyalip Jack Miller pada lap terakhir dan mengunci posisi keempat.

Daftar pembalap yang kurang beruntung di MotoGP Spanyol 2022, ada Johann Zarco mengalami yang  terjatuh di tikungan 5 sehingga tak bisa melanjutkan balapan. Lalu, Alex Rins juga nyaris jatuh dan melebar di tikungan sehingga membuatnya terlempar ke urutan 21.

Berikut 10 Besar Klasemen MotoGP 2022 Usai MotoGP Spanyol:

  1. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) 89 poin
  2. Aleix Espargaro (Aprilia Racing) 82 poin
  3. Enea Bastianini (Gresini Racing) 69 poin
  4. Alex Rins (Suzuki) 69 poin
  5. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) 56 poin
  6. Joan Mir (Suzuki Ecstar) 56 poin
  7. Johann Zarco (Pramac Racing) 51 poin
  8. Brad Binder (Red Bull KTM) 48 poin
  9. Marc Marquez (Repsol Honda) 44 poin
  10. Miguel Olieviera (Red Bull KTM) 43 poin