TIM HONDA MEMBUKA ASA DI MOTOGP AMERIKA 2023

Pebalap LCR Honda, Alex Rins, berhasil memenangi MotoGP Amerika 2023 yang berlangsung di Circuit of The Americas (COTA), Senin (17/4/2023) dini hari WIB. Alex Rins tampil luar biasa, dan membuka harapan Honda pada seri MotoGP tahun ini.

Pembalap LCR Honda itu bahkan berhasil menyabet posisi runner up di sprint race yang berlangsung pada, Minggu dini hari (16/4/2023) WIB.

Francesco Bagnaia (Ducati) memulai balapan berjumlah 20 lap ini dari pole position, disusul Alex Rins di posisi kedua dan Luca Marini di urutan ketiga. Belum genap satu putaran, dua pembalap sudah terjatuh. Alex Marquez dan Jorge Martin terlibat kontak dan harus berakhir di gravel.

Tak berselang lama, pembalap Spanyol lainnya, Aleix Espargaro juga mengalami crash. Pada putaran ketiga, Bagnaia mulai membuka jarak. Memasuki lap kelima, posisi tiga terdepan tidak mengalami perubahan. Rins terus mencoba mengejar Bagnaia, sedangkan Miller menjauh dari Quartararo dengan jarak 1,314 detik. 

Tak lama setelah itu, Miller dan Bagnaia sama-sama kehilangan peluang podium usai terjatuh. Bagnaia Ia kehilangan cengkeraman ban depan di tikungan tiga putaran delapan. Dengan demikian, posisi podium kini dihuni oleh Alex Rins, Fabio Quartararo, dan Luca Marini

Drama pembalap yang jatuh di COTA terus bertambah, Joan Mir yang crash di putaran berikutnya. 10 putaran berjalan, sisa 15 pebalap di lintasan. Brad Binder dan Takaaki Nakagami jadi korban selanjutnya COTA, jatuh di lap ke-11 dan 12.

Lima putaran menuju finis, baik Rins, Marini, dan Quartararo melaju sendiri-sendiri karena terpisah gap yang lebar. Di titik ini, Vinales di posisi empat sudah tertinggal 3,5 detik dari Quartararo. Tanpa kendala berarti, Rins mengamankan posisi terdepan hingga garis finis disusul Marini dan Quartararo. Vinales, Oliveira, dan Bezzecchi berturut-turut di posisi 4-6.

Kemenangan Alex Rins ini membuat ia mengikuti kesuksesan Marc Marquez sebagai pembalap Honda yang memenangi balapan di COTA. Selain itu juga ini merupakan pertama kali pebalap Honda memenangi sebuah balapan sejak terakhir kali Marc Marquez memenangi MotoGP Emilia Romagna 2021.

Untuk Luca Marini, ini adalah podium pertama bagi adik Valentino Rossi di main race. Sebelumnya Marini memang penah naik podium, tapi saat balapan sprint race.

10 Besar Klasemen MotoGP 2023