MotoGP Austria 2021 – Pemenang Tak Terduga Karena Perubahan Cuaca

Seri MotoGP kesebelas digelar di Red Bull Ring, Spielberg, Austria pada Minggu (15/8/2021). MotoGP Austria kali ini berlangsung di sirkuit yang sama seperti MotoGP Styria minggu lalu. Balapan berlangsung sangat seru, dimana kondisi cuaca yang tidak bisa diprediksi, bahkan hujan tiba-tiba turun saat memasuki lima lap terakhir. Race director sempat mengibarkan bendera putih, tanda pebalap boleh mengganti motor di awal balapan. Hanya saja tidak ada pebalap yang masuk pit dan memilih melanjutkan jalannya balapan. Selepas start pebalap Pramac Racing, Jorge Martin berhasil mempertahankan posisi terdepan. Persaingan baris depan sangat ketat, antara antara Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team), Marc Marquez (Repsol Honda), serta Johann Zarco (Pramac Racing) dan Jorge Martin. Zarco kehilangan cengkraman ban dan terjatuh diantara sektor 3 dan 4. Ia pun gagal melanjutkan balapan.

Persaingan sengit terus terjadi antara Bagnaia, Quartararo, dan Marc Marquez di posisi tiga terdepan. Saat balapan telah berjalan 19 lap, Quartararo melebar dan harus menyerahkan posisi kedua kepada Marc Marquez di tikungan ketiga. Marc Marquez pun sempat menyalip Bagnaia di saat balapan menyisakan 7 lap lagi, Tapi, Bagnaia mampu mengambil lagi alih posisi terdepan di trek lurus. Keseruan balapan terjadi di lima lap terakhir, dimana trek menjadi basah karena guyuran hujan dan bendera putih berkibar. Hampir semua pebalap, khususnya di deretan depan memutuskan masuk ke pit untuk mengganti motor. Miguel Oliveira (Red Bull KTM Factory Racing) terpaksa menyerah setelah crash di tikungan 1. Memasuki lap 24, Jack Miller dan Alex Rins (Suzuki Ecstar) kembali ke pit untuk menukar motor settingan basah. Sementara hujan semakin deras, Bagnaia, Marquez, Quartararo, dan Jorge Martin terus bertarung.

Jelang 3 lap terakhir, lima pembalap MotoGP sekaligus mengganti motor, Marquez, Bagnaia, Quartararo, Martin, dan Joan Mir (Suzuki Ecstar). Otomatis Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) yang berada di posisi ke-6 memutuskan tetap melanjutkan perlombaan tanpa mengganti masuk ke pit untuk mengganti motor. Hal ini membuat ia secara automatis memimpin jalannya balap. Binder melihat celah untuk memimpin balapan dan mencetak perbedaan waktu yang cukup jauh. Keputusannya ternyata benar, motor dan bannya masih bisa diandalkan dan Binder bisa menjaga ritme balapnya untuk menjadi pemenang. Sayangnya Marc Marquez harus terjatuh menjelang lap terakhir karena terlalu memaksakan saat melibas tikungan dan membuatkan berada di posisi ke-15.

Hal yang menarik selain keseruan balapan di akhir perlombaan, yaitu sambutan yang meriah untuk Valentino Rossi (Petronas Yamaha STR). Setelah pengumuman Rossi akan pensiun dari MotoGP pekan lalu, para Fans Rossi memadati serta mengibarkan bendera Kuning warna kebanggaan Rossi selama perlombaan berlangsung. Apalagi ia menyelesaikan lomba di posisi ke-8 di belakang Quartararo.

 

Top 10 MotoGP Austria 2021

  1. Brad Binder (Red Bull KTM Ajo)
  2. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) + 9.991
  3. Jorge Martin (Pramac Racing) + 11.570
  4. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) + 12.623
  5. Luca Marini (SKY VR46 Avintia) + 14.831
  6. Iker Lecuona (Red Bull KTM Tech 3) + 14.952
  7. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 16.650
  8. Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) + 17.150
  9. Alex Marquez (LCR Honda Castrol) + 17.692
  10. Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) + 18.270