MotoGP Inggris 2021: Kemenangan Kelima Quartaro Di MotoGP 2021

Fabio Quartararo pebalap tim Monster Energy Yamaha memperpanjang keunggulannya di klasemen dengan kemenangan kelima musim ini pada MotoGP Inggris 2021 di sirkuit Silverstone,Inggris, Minggu malam (29/8/2021). Start dari posisi ketiga, Quartararo dengan cepat menguasai balapan dan memimpin dengan nyaman hingga race berakhir, melewati 20 lap dengan catatan waktu 40 menit 20,579 detik. Sementara di posisi kedua dikuasai oleh Alex Rins (Suzuki Ecstar) dan di urutan ketiga menjadi milik Aleix Espargaro (Aprilia Gresini) yang memberikan podium pertamanya untuk tim asal Italia tersebut.

Pada awal balapan, Pol Espargaro sukses memanfaatkan pole position-nya dengan sangat baik. Ia langsung melaju kencang dan meninggalkan rombongan pebalap lain yang berada di belakangnya. Sementara itu, saudara Pol, yakni Aleix Espargaro (Aprilia Gresini) justru sanggup merebut tempat kedua. Disaat yang lain sedang mencoba mengejar Pol, Marc Marquez (Repsol Honda) dan Jorge Martin (Pramac Ducati) terlibat insiden di tikungan kesembilan. Marquez yang mencoba menyalip Martin justru membuat kedua motor mereka bersenggolan hingga akhirnya terpeselet bersama. Martin yang terjatuh mencoba bangkit dan berhasil menyalakan motornya, namun pada akhirnya tetap tak bisa melanjutkan balapan. Sedangkan Marquez terlihat kesulitan untuk menyalakan mesin motor RC213V miliknya tersebut. Alhasil, Marquez juga harus rela melepaskan balapan MotoGP Inggris 2021 lebih cepat.

Dalam waktu serupa, Aleix Espargaro tampil secara agresif hingga naik empat peringkat ke posisi kedua. Maka terciptalah posisi pertama dan kedua kakak beradik, Pol dan Aleix Espargaro sampai 12 putaran awal. Pol masih terus memimpin jalannya balapan di Sirkuit Silverstone tersebut, bahkan hingga balapan menyisakan 18 lap lagi. Sementara di peringkat kedua kini sudah dikuasai oleh Fabio Qutararo. Quartararo terus membuntuti Pol hingga pada akhirnya sanggup menyalip rider Honda itu ketika balapan tinggal menyisakan 15 lap lagi. Ketika Rins, Espargaro dan Pol saling berebut posisi podium kedua dan ketiga, muncul dari belakang Jack Miller (Ducati Lenovo). Miller bahkan tak butuh waktu lama untuk menguasai posisi keempat dari Pol. Hingga balapan berakhir, posisi tak banyak berubah. Quartararo di peringkat pertama, Rins kedua, Espargaro di urutan ketiga, dan Miller di posisi keempat.