MotoGP Prancis 2021 Berlangsung Penuh Drama & Crash

MotoGP Prancis 2021 yang berlangsung di Sirkuit Le Mans, Prancis, usai digelar pada Minggu (16/5/2021). Cuaca yang terus berubah membuat balapan berlangsung dengan penuh drama dengan situasi flag-to-flag; adalah kondisi seorang pembalap diizinkan menukar motornya selama balapan MotoGP berlangsung jika cuaca tiba-tiba berubah dari kering menjadi basah atau sebaliknya; dan rentetan insiden yang dialami pembalap di lintasan.

Pembalap Ducati Lenovo Team, Jack Miller, keluar sebagai pemenang pada balapan MotoGP seri kelima ini, Ia tampil gemilang dari awal hingga akhir balapan. Miller memulai balapan dengan sempurna dan memimpin duo Yamaha, Maverick Vinales dan Quartararo.

Insiden pertama di pertandingan semalam dialami oleh Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) yang mengalami crash di tikungan 12 pada lap pertama, Ia terlibat kontak dengan rekan setimnya, Valentino Rossi, dan Pol Espargaro (Repsol Honda). Insiden tersebut melukai lututnya yang baru saja cedera. Meski begitu dia kembali melanjutkan lomba meski berjuang dari belakang.

Tantangan datang di lap keempat, bendera putih dikibarkan setelah hujan mulai turun dan pembalap sudah diizinkan mengganti sepeda motor. Di titik ini Vinales mengalami masalah dan turun ke posisi lima. Namun di situasi ini pun berbuah positif bagi Marc Marquez (Repsol Honda) Ia sukses menempel tiga pembalap terdepan, serta diuntungkan dengan posisi garasi tim Repsol Honda yang lebih dekat dengan jalur masuk pit stop, Marquez kembali ke lintasan sebagai pemimpin lomba.

Marquez pun menunjukkan kekuatannya dalam lintasan basah. Pembalap berjuluk Baby Alien itu segera meninggalkan Quartararo dengan gap 2,193 detik. Sayangnya, nasib kurang beruntung dialami Marquez karena mengalami crash di tikungan 14 lap ke-8. Marquez pun kembali masuk ke lintasan dari posisi ke-18.

Pada lap ke-18, Marquez yang sempat bangkit dan berada di posisi 11, namun untuk kali kedua mengalami kecelakaan dan akhirnya gagal finis. Begitu juga Rins yang beberapa lap sebelumnya kecelakaan untuk kali kedua.

"Sangat jelas hari ini kami tidak bisa mengambil keuntungan dari kondisi cuaca dan saya kecewa dengan hasil ini. Salah satu keuntungan yang terjadi adalah ketika saya kembali ke motor dan jadi yang tercepat di lintasan, tapi saya marah kepada diri saya sendiri karena kecelakaan kedua tidak seharusnya terjadi " kata Marquez dikutip Crash.

Sementara Marquez mengalami kegagalan, Zarco sukses menyusul Quartararo dan memaksanya turun ke posisi tiga. Ancaman bagi Quartararo juga datang dari penunggang motor Ducati lain, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo), yang menunjukkan ritme tinggi. Beruntung, gap yang dibuat pada awal lomba membantu Quartararo untuk bertahan meski ban depannya sudah habis. Hingga balapan berakhir, posisi tiga teratas tidak berubah.

 

Hasil MotoGP Prancis 2021

1. Jack MILLER (Ducati Lenovo Team) 47'25.473

2. Johann ZARCO (Pramac Racing) +3.970

3. Fabio QUARTARARO (Monster Energy Yamaha) +14.468

4. Francesco BAGNAIA (Ducati Lenovo Team) +16.172

5. Danilo PETRUCCI (Tech 3 KTM) +21.430

6. Alex MARQUEZ (LCR Honda CASTROL) +23.509

7. Takaaki NAKAGAMI (LCR Honda IDEMITSU) +30.164

8. Pol ESPARGARO (Repsol Honda) +35.221

9. Iker LECUONA (Tech 3 KTM) +40.432

10. Maverick VIÑALES (Monster Energy Yamaha) +40.577

11. Valentino ROSSI (Petronas Yamaha SRT) +42.198

12. Luca MARINI (SKY VR46 Avintia) +52.408

13. Brad BINDER (Red Bull KTM) +59.377

14. Enea BASTIANINI (Avintia Esponsorama) +1'02.224

15. Tito RABAT (Pramac Racing) +1'09.651

16. Franco MORBIDELLI (Petronas Yamaha SRT) 4 Lap

 

Gagal Finis

Marc MARQUEZ (Repsol Honda) 10 Lap

Aleix ESPARGARO (Aprilia Gresini) 12 Lap

Miguel OLIVEIRA (Red Bull KTM) 15 Lap

Alex RINS (SUZUKI ECSTAR) 15 Lap

Lorenzo SAVADORI (Aprilia Gresini) 16 Lap

Joan MIR (SUZUKI ECSTAR) 23 Lap