MOTOGP SAN MARINO 2022: PECCO BAGNAIA MENANG LAGI!

Dual epic terjadi di putaran ke-14 MotoGP San Marino tadi malam (4/9/2022) di Misano World Circuit Marco Simoncelli ketika Francesco Bagnaia memenangkan pertarungan dengan Enea Bastianini. Pecco berhasil menyentuh garis finis dengan catatan waktu 41 menit 43.199 detik.

Ini merupakan kemenangan keenam Bagnaia di MotoGP 2022. Hasil di Misano juga tercatat sebagai pembalap pertama Ducati yang memenangkan empat kemenangan beruntun. Artinya, ini sebuah kemenangan yang sangat fenomenal untuk sang pemenang.

Race dimulai pukul 14.00 waktu setempat dan berlangsung selama 27 Laps. Front Row ditempati Jack Miller (Ducati Lenovo Team), Enea Bastianini (Gresini Racing Ducati) dan Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team).

Lampu hijau menyala Jack Miller langsung memimpin diikuti Enea Bastianini, Francesco Bagnaia, Maverick Vinales dan Marco Bezzecchi. Sementara itu insiden terjadi ditikungan pertama melibatkan Pol Espargaro, Michele Pirro dan Johann Zarco

Crash juga dialami Jack Miller yang sedang memimpin pada lap kedua. Rider Ducati itu tersungkur di Turn 1, tapi bisa kembai naik ke motornya. Enea Bastianini mengambil alih posisi pertama dari Miller. Francesco Bagnaia menyalip rider Pramac Ducati itu dan merebut tempat terdepan.

24 Laps To Go, lima besar ditempati Francesco Bagnaia, Maverick Vinales, Enea Bastianini, Luca Marini dan Aleix Espargaro. Vinales juga terlihat mulai membidik posisi pertama dari Pecco. Enea Bastianini cetak fastest lap dengan catatan waktu 1 menit 32.560 detik. Maverick Vinales kembali menekan Francesco Bagnaia, sementara itu Bastianini dan Luca Marini mulai mendekat. Empat besar sejauh ini masih sangat rapat.

Persaingan sengit Bagnaia dan Bastianini terjadi pada lap-lap akhir balapan, dengan kedua pebalap hanya berjarak 0,2 detik. Pecco berhasil mempertahankan posisi pertama hingga garis finis. Enea Bastianini di posisi kedua, yang menyentuh garis finis 0,034 detik lebih lambat. Menempati posisi ketiga ada rider Aprilia, Maverick Vinales. Luca Marini mampu finis keempaat, sedangkan Fabio Quartararo ada di urutan kelima.

Klasemen MotoGP 2022 setelah GP San Marino

  1. Fabio Quartararo Monster Yamaha (M1 Factory): 211 Poin
  2. Francesco Bagnaia Ducati Lenovo (GP22): 181
  3. Aleix Espargaro Aprilia Racing (RS-GP): 178
  4. Enea Bastianini Gresini Ducati (GP21) : 138
  5. Johann Zarco Pramac Ducati (GP22) :125
  6. Jack Miller Ducati Lenovo (GP22) :123
  7. Brad Binder Red Bull KTM (RC16) :115
  8. Maverick Vinales Aprilia Racing (RS-GP) : 101
  9. Alex Rins Suzuki Ecstar (GSX-RR) : 101
  10. Jorge Martin Pramac Ducati (GP22) : 94