MotoGP Styria 2021 : Red Flag Dan Comeback-nya Dani Pedrosa

 

MotoGP Styria 2021 jadi seri pembuka, setelah liburan musim panas panjang. Digelar di sirkuit Red Bull Ring hari Minggu (8/8), seri kali ini makin terasa special mengingat hadir kembalinya mantan rekan Marc Marquez di HRC team, Dani Pedrosa.

Balapan dimulai dengan insiden hebat. Sebuah kecelakaan terjadi pada lap ketiga, ada kecelakaan yang melibatkan rider wild card KTM, Dani Pedrosa, dan Lorenzo Savadori. Pedrosa terjatuh, Savadori pebalap Aprilia, tak bisa menghindari motor yang ada di trek. Kecelakaan tak terelakan, motor kedua pebalap pun terbakar dan membuat red flag dikibarkan. Dani Pedrosa nampak baik-baik saja sedangkan Salvadori dinyatakan fit namun memutuskan untuk tak melanjutkan balapan. Terhenti hampir setengah jam, balapan pun dimulai kembali dengan 27 lap dan posisi grid sama seperti saat start awal. Jack Miller memimpin atas Martin dan Mir di awal balapan. Marquez dan Aleix lagi-lagi bersenggolan di tikungan pertama seperti balapan pertama.

Sementara itu, Miguel Oliveira mengalami masalah saat berada di posisi ke-10 dan membuat ia akhirnya tak melanjutkan balapan dengan masuk pitlane di lap ke-14. Nasib malang pun dialami oleh Jack Miller yang mengalami crash di tikungan 7 saat beradu kecepatan dengan Fabio Quartararo di lap ke-18. Insiden ini membuat Miller mengakhiri balapan lebih cepat.

Jorge Martin yang dominan sejak awal pun akhirnya keluar sebagai juara dan menjadi podium tertinggi perdananya serta untuk Pramac Racing pada musim ini. Kemenangan Jorge Martin juga diikuti oleh Joan Mir (Suzuki Ecstar) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) yang menempati podium kedua dan ketiga di MotoGP Styria 2021. Sedangkan Marc Marquez dari tim Repsol Honda finish posisi ke-8. Hasil ini jelas mengecewakan mengingat Marquez sempat tampil apik pada sesi pemanasan di hari yang sama. “Saya senang dengan akhir pekan; kecepatan kami bagus dan saya berkendara dengan baik. Tapi saya tidak senang dengan balapan. Pada balapan pertama saya merasa sangat baik dan saya pikir. 'ini adalah balapan saya',” ucap Marquez mengutip laman resmi Repsol Honda, Senin (9/8/2021).

 

 

 

Top 10:

  1. Jorge Martin (Pramac Racing)
  2. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) + 1.548
  3. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 9.632
  4. Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) + 12.771
  5. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) + 12.923
  6. Johann Zarco (Pramac Racing) + 13.031
  7. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) + 14.839
  8. Marc Marquez (Repsol Honda Team) + 17.953
  9. Alex Marquez (LCR Honda Castrol) + 19.059
  10. Dani Pedrosa (Red Bull KTM Factory Racing) + 19.389