Pencapaian Yuasa Battery Di Ranah Digital Marketing

Seiring dengan pertambahan usia yang ke 41 di tahun 2016 ini, Yuasa Battery yang telah memproduksi kurang lebih 750 ribu unit aki mobil dan 9 juta aki motor tiap tahunnya selalu berusaha untuk menunjukkan konsistensinya sebagai produsen aki terpecaya baik secara kualitas, dan inovasi pemasarannya di Indonesia.

Salah satu inovasi yang telah dilakukan oleh Yuasa Battery melalui PT. Santi Yoga selaku Agen Tunggal Yuasa Battery Indonesia adalah dalam hal digital marketing. Inovasi dalam digital marketing tersebut mulai dilakukan oleh Yuasa sejak tahun 2013 melalui social media yaitu Facebook (FB), Twitter dan Youtube selain tentunya website corporate yang memang sudah ada dan umum sebelumnya. Yuasa mulai saat itu menyapa konsumennya melalui social media dengan program digital activity pertamanya yaitu Kompetisi Jingle Yuasa yang akhirnya menghasilkan jingle Yuasa dan digunakan oleh Yuasa Battery sampai dengan saat ini. Berjalannya waktu mulai Yuasa mulai merambah di ranah Instagram, penambahan official website,  e-commerce dan yang terbaru berupa aplikasi Yuasa App untuk Android.

Dari beberapa program digital marketing tersebut, ada 2 program terobosan terbaru  yang dilakukan oleh Yuasa dan cukup efektif yaitu :

Program e-commerce dimana pada awalnya Yuasa melakukan kerjasama dng pihak perusahaan e-commerce yang ada seperti Blibli.com, Bukalapak.com, Tokopedia.com, Mataharimall.com dll, kemudian berkembang dengan portal jual beli mobil sampai akhirnya membuat channel pembelian online internal sehingga konsumen bisa melakukan pembelian langsung ke Yuasa (melalui PT. Santi Yoga). Dengan pembelian secara online inilah (dan sampai sekarang 3 channel tersebut masih berjalan) konsumen bisa tinggal memesan tipe aki yang diinginkan, melakukan transfer dan tinggal menunggu barang yang diinginkan tersebut terkirim secara gratis untuk biaya pengirimannya. Program ini tentunya bisa berjalan dengan baik berkat telah  adanya titik-titik cabang yang telah dipunyai oleh Yuasa diseluruh Indonesia (saat ini telah ada sekitar 40 titik cabang) sehingga bisa mengirimkan aki tersebut scr free dengan menggunakan ekspedisi internal Yuasa sendiri.

Program berikutnya adalah program aplikasi Yuasa App yang mempunyai fungsi utama sebagai Battery Reminder (mengingatkan konsumen umur/lifetime aki yang dipakai tergantung jenis aki yang digunakan). Selain itu di Yuasa App ini juga mempunyai fitur pencarian aki mobil atau motor yang cocok dengan kendaraan yang digunakan, ada juga fitur pencarian toko aki terdekat, tempat kuliner modern dan lokasi gas station.

Berkat aktifnya Yuasa di ranah digital, baik dalam meningkatkan brand images, melakukan penjualan secara online dan inovasi applikasi yaitu berupa Yuasa App di dunia digital inilah, pada tahun 2016 ini Yuasa Battery mendapatkan penghargaan “Indonesia Digital Populer Brand Award” (IDPBA) 2016 dari Transco Research, sebuah lembaga riset yang berbasis di Indonesia. Penghargaan ini diberikan kepada Yuasa untuk kategori Aki berdasarkan hasil survey digital yang menggunakan 3 sistem penilaian yaitu Search Engine Based, Social Media Based dan Website Based.

Bertempat di Hotel Ritz Carlton Kuningan Jakarta pada tgl 30 September 2016 yang lalu Yuasa menerima penghargaan tersebut dan diterima secara langsung oleh Mr. Shigeto Yuasa selaku Presiden Director PT. Yuasa Battery Indonesia.

Dengan perolehan penghargaan IDPBA 2016 di ranah media digital ini tentunya membuat Yuasa selalu mengucapkan terima kasih kepada konsumen setianya yaitu Yuasa Lovers, yang secara tidak langsung mempunyai peranan yang sangat penting dalam membesarkan produk Yuasa terutama melalui ranah digital atau online.