Pentingnya Aki Pada Mobil Matic

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan padatnya lalu lintas khususnya di kota-kota besar di Indonesia, membuat penggunaan mobil dengan transmisi otomatis atau matic semakin populer. Dengan kemampuan yang semakin presisi dalam proses pergantian gigi, kinerja antara mesin dan transmisi yang harmonis membuat konsumsi bahan bakar semakin efisien, serta kenyamanan berkendara yang ditawarkan dalam menghadapi kemacetan lalu lintas membuat mobil jenis ini semakin marak.

Dengan kemudahan dan efisiensi yang didapatkan, perawatan terhadap mobil matic perlu diperhatikan, khususnya pada kelistrikan yang berhubungan dengan aki. Oleh karena itu, aki pada mobil matic harus selalu dalam keadaan prima karena jika kondisi aki sudah memburuk dan mesin tidak dapat dinyalakan, mobil tidak bisa didorong untuk menghidupkan mesin seperti yang dapat dilakukan pada mobil manual.

Untuk mencegah kondisi aki soak tanpa peringatan sebelumnya, Yuasa Battery mengeluarkan aplikasi pengingat aki yang dinamakan Yuasa App. Aplikasi ini memiliki fitur utama yaitu Battery Reminder. Fitur ini berfungsi sebagai pengingat aki. Dengan akses yang mudah, Anda dapat langsung mengisi identifikasi kendaraan (plat nomor, merk kendaraan atau nama pemilik) dan memilih tanggal dan waktu pemasangan aki (bisa berlaku surut dalam arti bisa memilih waktu (tanggal dan bulan) sebelum data yg diinput pada hari itu). Serta, Anda dapat membedakan jenis aki yang digunakan, yaitu aki mobil Yuasa Pafecta (yang diisi air aki manual) dan Maintenance Free (MF/ bebas perawatan),

Setelah Anda memasukkan data kendaraan dan jenis aki yang digunakan, aplikasi ini secara otomatis akan mengingatkan sudah berapa lama umur aki Anda dan saatnya Anda mengecek kondisi aki secara berkala sesuai dengan jenis yang dimasukkan. Untuk tipe aki mobil Pafecta, Anda akan medapatkan notifikasi sebulan sekali. Jika menggunakan aki mobil tipe Maintenance Free, Yuasa App akan memberikan notifikasi tiga bulan sekali.

Sebagai contoh :

Aki mobil Yuasa Pafecta dipasang tgl 5 Juli 2016, maka Anda akan mendapatkan notifikasi pada tgl 5 Agt 2016 bahwa umur aki Anda 0 tahun 1 bulan, begitu seterusnya.

Aki mobil Yuasa MF dipasang tgl 5 Juli 2016, maka Anda akan mendapatkan notifikasi pada tgl 5 Oktober 2016 bahwa umur aki Anda 0 tahun 3 bulan, begitu seterusnya.

Fitur Battery reminder ini juga dapat diisi dengan jumlah data lebih dari satu baik data aki mobil maupun aki motor (tidak dibatasi qty).

Dengan aplikasi ini diharapkan dapat membantu para pengguna mobil matic khususnya para pengemudi wanita yang kurang mengetahui kondisi aki mobil mereka. Yuasa App dapat diunduh secara gratis dan  sudah tersedia untuk perangkat Android (Google Play Store), sedangkan untuk perangkat iOS akan segera menyusul.

Selain fitur Battery Reminder terdapat juga fitur lain seperti Battery Search yang dapat membantu pencarian  tipe aki untuk kendaraan (baik aki mobil atau motor). Lalu juga terdapat Store Finder yang berupa pilihan beberapa toko aki yang terdekat dengan lokasi Anda dan bisa melakukan sistem delivery. Fitur lainnya adalah daftar Culinary Places serta Gas Station yang tersedia di Indonesia.

Penggunaan fitur-fitur yang ada di Yuasa App tersebut diatas menggunakan sistem Native App sehingga tidak memerlukan koneksi internet.

Selain fitur-fitur yang sudah disebutkan diatas, jika Anda ingin mengikuti perkembangan tentang Yuasa Battery baik produk, program dan informasi seputar Yuasa bisa mengikutinya dengan menjadi follower social media Yuasa baik Facebook, Twitter atau Instagram yang juga terdapat pada Aplikasi ini (khusus untuk aplikasi social media ini harus terhubung dengan koneksi internet).