Pertarungan Sengit Dovizioso & Marquez Di Pembukaan Musim MotoGP 2019

MotoGP kembali hadir di tahun 2019, pertandingan pembukaan musim ini diadakan di Sirkuit Losail, Qatar pada  Senin 11 Maret 2019 dini hari WIB. Hasil pertandingan cukup menarik simpati para penggemar setia MotoGP, karena tidak ada pebalap yang tampil dominan, justru terjadi beberapa kali pergantian pimpinan balapan di sepanjang pertandingan.

Pebalap Suzuki Alex Rins dan pebalap Ducati Andrea Dovizioso, sempat memimpin posisi pertama untuk beberapa kali, lalu ada waktu dimana Rins menurunkan temponya untuk menghemat pemakaian ban. Hal ini langsung dimanfaatkan Marc Marquez dari tim Repsol Honda untuk masuk ke posisi teratas.

Pada dua lap terakhir menjelang garis finis, Dovizioso dan Marquez terlibat duel sengit. Keduanya saling salip dan bersanding di tengah trek pertandingan. Dovizioso sempat melakukan kesalahan dengan sedikit melebar, lalu membuat Marquez berada diposisi pertama. Namun tidak berlangsung lama, pada akhirnya Dovizioso berhasil jadi pemenang dan mengantongin 25 poin pertama di musim ini serta mempertahankan titelnya yang dia raih di musim lalu. Marc Marquez yang tertinggal 0,023 detik dari Dovizioso harus menerima kekalahan dan berada di posisi kedua. Diposisi ketiga ada pebalap LCR Honda, Cal Crutchlow.

Sedangkan  Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo yang start dari posisi 14 dan 15, mendapat hasil berbeda. Rossi secara perlahan berhasil naik ke posisi kelima, sedangkan Lorenzo malah turun bersama motor barunya di bawah bendera Repsol Honda di posisi ke 13. Lalu ada pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, Ia memulai balapan dari urutan pertama, namun Vinales harus puas finis di urutan ketujuh.

Berikut ini adalah klasemen sementara balapan MotoGP Qatar 2019 :

Posisi Pembalap Tim Poin
1 Andrea DOVIZIOSO Mission Winnow Ducati 25
2 Marc MARQUEZ Repsol Honda Team 20
3 Cal CRUTCHLOW LCR Honda CASTROL 16
4 Alex RINS Team SUZUKI ECSTAR 13
5 Valentino ROSSI Monster Energy Yamaha MotoGP 11
6 Danilo PETRUCCI Mission Winnow Ducati 10
7 Maverick VIÑALES Monster Energy Yamaha MotoGP 9
8 Joan MIR Team SUZUKI ECSTAR 8
9 Takaaki NAKAGAMI LCR Honda IDEMITSU 7
10 Aleix ESPARGARO Aprilia Racing Team Gresini 6
11 Franco MORBIDELLI Petronas Yamaha SRT 5
12 Pol ESPARGARO Red Bull KTM Factory Racing 4
13 Jorge LORENZO Repsol Honda Team 3
14 Andrea IANNONE Aprilia Racing Team Gresini 2
15 Johann ZARCO Red Bull KTM Factory Racing 1

 

Sumber : MotoGP.com