Rossi Pensiun & Bagnaia Juara Di Seri Pamungkas MotoGP 2021

MotoGP 2021 akhirnya sudah mencapai seri pamungkasnya, yakni MotoGP Valencia 2021, di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol pada Minggu (14/11/2021). Pebalap Ducati Lenovo asal Italia, Francesco Bagnaia tampil menjadi pemenang. Memulai balapan dari grid kedua, Francesco Bagnaia sempat tercecer di awal balapan. Namun ia berhasil memperbaiki ritme balapnya dalam sekejap dan mampu menyalip Jorge Martin yang start dari urutan pertama dan sempat sebagai pemimpin di awal perlombaan. Bagnaia menyelesaikan balapan dengan total waktu 41 menit 15.481 detik.

Jorge Martin (Pramac Racing) sendiri harus puas mengakhiri balapan di posisi kedua dengan selisih finis +0.489 detik. Di posisi ketiga ada pembalap asal Australia bernama Jack Miller (Ducati Lenovo) dengan gap +0.823 detik. Dengan hasil tersebut Ducati pun sukses memborong podium di MotoGP Valencia 2021. Serta mengamankan juara konstruktor motogp 2021. Sedangkan Joan Mir (Suzuki Ecstar) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) masing-masing menyelesaikan balapan di posisi empat dan lima.

Kabar buruk menerpa Repsol Honda Racing, tim pabrikan Jepang ini absen dari balapan terakhir MotoGP 2021 karena dua pebalapnya Marc Marquez dan Pol Espargaro mengalami cedera. Marc Marquez didiagnosis mengalami diplopia, yakni suatu gangguan penglihatan di mana pasien akan melihat dua gambar dari satu objek yang berdekatan (penglihatan ganda). Sedangkan Pol Espargaro diketahui mengalami kecelakaan parah saat menggeber motor RC213V di FP3 kemarin, sehingga merasakan sakit pada tulang rusuknya.

MotoGP Valencia pun menjadi ajang balap terakhir bagi Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT). Pembalap berjulukan The Doctor ini mengakhiri kariernya yang sudah berlangsung selama 25 tahun. Rossi menutup balapan ini dengan cara yang hebat lantaran Ia berhasil  finis di posisi ke-10. Para penggemar Vale juga memadati tribun Sirkuit Ricardo Tormo dengan atribut warna kuning demi memberikan perpisahan yang hebat untuk sang idola. Bukan tanpa alasan, Rossi yang sudah menjadi legenda dan merupakan salah satu pembalap yang paling sukses di MotoGP dengan meraih sembilan kali juara dunia MotoGP, yang mana pertama kali dirinya mampu menjadi juara dunia MotoGP di tahun 2001 (kelas MotoGP/500 cc).

 

Berikut Hasil Lengkap Race MotoGP Valencia, Spanyol 2021

  1. Francesco Bagnaia, Ducati Lenovo 41m 15.481s
  2. Jorge Martin, Pramac Racing
  3. Jack Miller, Ducati Lenovo
  4. Joan Mir, Suzuki Ecstar
  5. Fabio Quartararo, Monster Energy Yamaha
  6. Johann Zarco, Pramac Racing
  7. Brad Binder, Red Bull KTM Factory Racing
  8. Enea Bastianini, Avintia Esponsorama
  9. Aleix Espargaro, Aprilia Racing Team Gresini
  10. Valentino Rossi, Petronas Yamaha SRT
  11. Franco Morbidelli, Monster Energy Yamaha
  12. Andrea Dovizioso, Petronas Yamaha SRT
  13. Alex Marquez, LCR Honda Castrol
  14. Miguel Oliveira, Red Bull KTM Factory Racing
  15. Iker Lecuona, Tech3 KTM Factory Racing
  16. Maverick Vinales, Aprilia Racing Team Gresini
  17. Luca Marini, Sky VR46 Avintia
  18. Danilo Petrucci, Tech3 KTM Factory Racing

DNF

Takaaki Nakagami, LCR Honda Idemitsu

Alex Rins, Suzuki Ecstar.