SIRKUIT ARAGON SAMBUT JUARA BARU MOTOGP 2020

MotoGP seri ke-10 selesai diadakan di sirkuit Ciudad del Motor de Aragon, Alcaniz, Spanyol, Minggu malam (18/10/2020). Alex Rins berhasil meraih kemenangan pertamanya di musim MotoGP 2020 dan menggantikan posisi Marc Marquez yang tercatat menjadi pemenang juara pertama di seri MotoGP Aragon selama 3 musim terakhir (2017-2019)

Alex Rins memulai balapan di urutan ke-10, ia melakukan start dengan baik dan berhasil naik enam peringkat di lap pertama. Rins kemudian menyalip Morbidelli di lap ketiga untuk berada di posisi ketiga. Pembalap asal Spanyol itu kemudian melewati Quartararo di tikungan terakhir lap kelima dan berada posisi kedua. Puncaknya ia sukses mengambil alih posisi terdepan dari Maverick Vinales menjelang lap kesembilan.

Tim Suzuki bermain luar biasa di paruh pertama balapan, selain Rins, ada Joan Mir yang sukses naik ke posisi ketiga di lap ketujuh setelah sukses melewati Morbidelli dan Quartararo di tikungan terakhir. Persaingan bertambah sengit di pertengahan lap ke-14. Joan Mir merebut posisi kedua dari Vinales. Memasuki lap ke-18, Rins masih mampu memimpin balapan dengan keunggulan 0,4 detik atas Mir.

Disisi lain ada Alex Marquez yang kembali menunjukan kemampuannya setelah meraih podium kedua di MotoGP Le Mans minggu lalu. Alex Marquez start di posisi ke-11, lap demi lap ia lalui dengan luar biasa, ia berhasil masuk posisi keempat setelah melewati Morbideli di lap ke-10. Di pertengahan lap ke-14 Alex Marquez berhasil menyalip Vinales, hingga posisi tiga terdepan adalah Alex Rins (Suzuki Ecstar), Joan Mir (Suzuki Ecstar) dan Alex Marquez (Repsol Honda).

Memasuki lima lap terakhir, Alex Marquez sudah naik ke posisi dua usai memanfaatkan slipstream dari Joan Mir di tikungan terakhir. Alex Rins masih di depan, Marquez terus menekan Rins, ia nyaris melakukan blunder di tikungan terakhir lap-21 dan hampir terjatuh namun Marquez berhasil menyelamatkan posisi,

23 lap selesai dilewati, Alex Rins menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 41 menit 54,391 detik. Disusul Alex Marquez di posisi kedua dengan perbedaan waktu 0,263 detik atas Rins, lalu posisi ketiga diisi oleh Joan Mir.

Yang menarik ini adalah dua podium awal untuk Alex Marquez yang diraih di MotoGP 2020, pada kondisi yang bertolak belakang. Di Le Mans ia meraih podium lewat balapan basah, dan di Aragon dalam race kering. Keduanya sama-sama lewat keberhasilan finis di posisi kedua.

Bersenjatakan ban depan dengan komponen medium, AM73 berhasil mempertahankan tingkat optimal dari bannya untuk secara konstan memperbaiki posisi di setiap lap nya.

“Aku ingin berterima kasih kepada tim karena motorku kembali tampil luar biasa seperti di Le Mans dan Misano, Startnya tidak terlalu bagus, tapi kemudian bisa bangkit perlahan-lahan. Aku amat menikmati setiap overtake di tikungan terakhir. Itu luar biasa.” kata Alex Marquez usai balapan, seperti dilansir RedBull.com.