Strategi Start Yang Ampuh, Vinalles Buktikan Kemampuannya Di MotoGP Malaysia 2019

Setelah tragedi terjatuh dan gagal finis di MotoGP Australia 2019, Maverick Vinales, buktikan kemampuan menjadi juara MotoGP Malaysia 2019 di Sirkuit Internasional Sepang, Minggu (3/11), Ia berhasil memenangi persaingan dengan pebalap Honda Marc Marquez. Vinales finis paling depan dengan catatan waktu 40 menit dan 14,632 detik. Posisi runner-up ditempati Marquez dan podium terakhir jadi milik Andrea Dovizioso.

Balapan MotoGP Malaysia 2019 yang memiliki 20 laps sudah berlangsung sengit sejak lap pertama. Fabio Quartararo start dari posisi terdepan setelah kemarin menorehkan Pole Possition diikuti Vinales dan Morbidelli. Namun Fabio Quartararo yang start terdepan, malah melorot ke urutan ke-6. Posisi pertama justru direbut oleh Jack Miller (Alma Pramac Racing). Maverick Vinales masih di posisi ke-2, sedangkan urutan ke-3 diraih Andrea Dovizioso

Sementara Juara MotoGP 2019, Marc Marquez Start dari posisi Ke-11 langsung menyodok ke depan barisan. Terjadi perubahan posisi 3 besar. Vinales sukses merangsek ke urutan terdepan, dan Marquez menempati posisi ke-2. Selanjutnya, saat balapan tersisa 10 lap, Rossi terlibat persaingan sengit dengan Dovizioso dalam memperebutkan posisi ke-3. Perebutan posisi ini hampir berhasil disaat balapan tersisa tiga lap, namun naas, Rossi tidak bisa menandingi Dovizioso yang tampil prima dalam mempertahankan podium terakhirnya.

Menempati podium kedua, Marc Marquez menambah koleksi poin sebanyak 20. Kini, Marquez berada di peringkat kesatu klasemen sementara pembalap MotoGP 2019 dengan raihan 395 poin. Jumlah poin tersebut memastikan Marquez menjadi juara dunia dengan koleksi poin paling banyak sepanjang masa. Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh Jorge Lorenzo saat meraih gelar juara dunia MotoGP 2010.

Marquez masih berpeluang menembus 400+ poin karena masih ada satu seri balap tersisa yakni MotoGP Valencia yang menjadi penutup musim kompetisi 2019. Artinya, Marquez punya kesempatan untuk menambah 25 poin lagi dan mempersembahkan triple crown untuk Repsol Honda.