Tak Terkejar Marc Marquez Juarai MotoGP AS 2021

MotoGP Amerika Serikat 2021 sudah selesai. Pebalap Repsol Honda Marc Marquez tak tertandingi untuk memenangi balapan di Circuit of the Americas (Cota), Senin (4/10/2021) dini hari WIB. Begitu balapan dimulai, Marquez yang memulai balapan di posisi ketiga, langsung melesat ke depan. Dia mendahului Francesco Bagnaia dan Fabio Quartararo yang menduduki pole position serta posisi kedua.

Saking cepatnya Marquez, dia sampai sudah membangun jarak yang cukup jauh dalam beberapa putaran. Marquez terus melebarkan jarak dari lap ke lap sehingga sulit disalip oleh Quartararo yang main aman di posisi kedua, bahkan  pebalap asal Spanyol tersebut juga menorehkan fastest lap di putaran keenam.

Hingga balapan berakhir, Marquez tetap tak terkejar dan jadi pebalap pertama yang melintasi garis finis dengan keunggulan 4,4 detik dari Quartararo yang harus puas di posisi kedua. Melihat kebolehan Marquez memimpin balapan, para pendukung yang datang langsung pun langsung mengibarkan bendera bernomor 93 dengan antusias tinggi.

Sementara posisi ketiga menjadi perebutan hingga putaran terakhir. Pasalnya, Bagnaia mengalami kesulitan dalam mendahului pembalap tim Pramac Ducati, Jorge Martin. Martin terus bekerja keras menghalau Bagnaia, sampai kedapatan memotong tikungan. Akibatnya, Martin pun dihukum dengan penalti long-lap, dan posisi ketiga menjadi milik Bagnaia. Martin akhirnya hanya finis kelima karena disusul Alex Rins di lap terakhir untuk finis keempat. Sementara itu rookie Enena Bastianini finis keenam diikuti juara dunia Joan Mir dari Suzuki, lalu Jack Miller, Bred Binder, dan Pol Espargaro melengkapi 10 besar.

Hasil ini memberikan perubahan besar perebutan titel juara Dunia tahun 2021. Dimana pada sebelum MotoGP Amerika Serikat, perebutan gelar juara dunia masih di miliki oleh Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha), Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dan Joan Mir (Suzuki Ecstar). Namun saat ini perebutan gelar tersebut hanya tinggal Quartararo dan Bagnaia saja yang merebutkan gelar tersebut hingga 3 seri terakhir kedepan.

 

10 Besar Hasil MotoGP Amerika 2021

  1. Marc Marquez (Repsol Honda)
  2. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha)
  3. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team)
  4. Alex Rins (Suzuki Ecstar)
  5. Jorge Martin (Pramac Racing)
  6. Enea Bastianini (Reale Avintia)
  7. Joan Mir (Suzuki Ecstar)
  8. Jack Miller (Ducati Lenovo Team)
  9. Brad Binder (Red Bull KTM)
  10. Pol Espargaro (Repsol Honda)