Tips Jitu Memilih Aki Mobil Berkualitas

Memilih aki mobil bisa jadi hal yang tidak mudah jika kita tidak mengetahui jenis mobil kita dengan benar. Terlebih jika mobil sudah dimodifikasi dengan mengubah atau menambah aksesoris yang berhubungan dengan kelistrikan. Sebelum mengganti aki baru, ada baiknya untuk mengecek ulang jenis aki yang digunakan juga kebutuhan listrik terkini pada mobil Anda.

Berikut ini adalah beberapa aturan umum yang harus Anda ketahui sebelum memilih aki mobil yang tepat :

  1. Memilih Aki Basah atau Aki Kering (MF)

Ada 2 jenis aki mobil di pasaran, aki basah dan aki kering (MF). Jika kendaraan Anda digunakan sebagai kendaraan sehari-hari dengan jam operasional yang tinggi, baiknya menggunakan aki basah karena akan lebih hemat dari segi harga, dan secara performa untuk wilayah tropis (panas) lebih baik. Perlu diingat jika Anda memilih aki basah, maka akan lebih baik untuk mengecek kondisi dari cairan elektrolit yang ada di dalamnya secara rutin. Pastikan volume cairan aki berada diantara batas lower level dan upper level.

Untuk aki kering sendiri memiliki peforma yang lebih baik jika dibandingkan dengan aki basah. Namun aki kering memiliki kelemahan pada daya tahannya yang kurang terhadap panas berlebih, serta harganya yang sedikit lebih mahal. Namun tentu saja sebanding dengan keawetan dan kepraktisannya yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

                2. Pilih Spesifikasi Aki Dengan Bijak

Ketika Anda dihadapkan dengan beberapa pilihan aki, maka pilihlah yang paling cocok dengan kebutuhan kelistrikan mobil Anda. Misalnya mobil Anda sudah dimodifikasi seperti lampu yang lebih terang, atau mengganti sound system, maka kebutuhan kelistrikanpun akan bertambah besar, jadi sesuaikanlah kapasitas amper aki dengan kebutuhan kelistrikan mobil anda dan perhatikan juga dimensi dudukan aki pada mobil.

          3. Pilih Aki Dengan Kualitas Tinggi

Harga dan kualitas pasti satu acuan yang sangat penting untuk para konsumen membeli suatu barang. Tapi untuk hal onderdil mobil ada baiknya untuk mengutamakan kualitas dibanding kuantitas. Barang yang berkualitas tinggi akan bertahan lebih lama dan dianggap sebagai investasi, pertimbangan ini akan mengurangi pengeluaran berlebih akibat barang yang rusak berulang kali. Barang mahal berkualitas tinggi secara otomatis akan memberikan performa dan keuntungan bagi penggunanya, dan berhati-hati dalam penggunaan mobil sehingga masa pakai barang tersebut akan jadi lebih lama. Sebagai contoh, Anda membeli aki brand A serharga Rp. 1.000.000,- dan bertahan digunakan sampai 2 tahun, dan aki brand B seharga Rp 500.000 bertahan selama 6 bulan, artinya dalam 2 tahun Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 2.000.000,-  untuk aki brand B, nominal tersebut jadi jauh lebih besar dibandingkan memilih aki dengan kualitas tinggi dan harga jauh lebih mahal di awal namun bertahan lebih lama.

        4. Hindari Membeli Aki Rekondisi

Saat membeli aki pastikan untuk tidak membeli aki rekondisi atau bekas. Aki rekondisi hanya akan menimbulkan permasalahan pada mobil dikemudian hari. Mungkin Anda tidak ingin membeli aki bekas namun terkadang ada beberapa penjual yang menipu dengan menjual aki rekondisi sebagai aki yang baru. Sebagai contoh aki rekondisi adalah bentuk fisik dan performa aki yang tidak sempurna. Saat Anda akan membeli aki, pertama-tama coba cek bagian terminal aki, container/bak aki dan juga warna permukaannya. Bila terminal akinya terlihat cacat seperti terdapat bekas goresan, bagian container berubah bentuk cenderung kembung, serta warnanya menjadi lebih pudar, bisa jadi aki tersebut merupakan aki rekondisi. Lalu dari harga aki, jika harga yang ditawarkan jauh lebih murah  dari harga barunya, maka patut dicurigai. Ditambah lagi, garansi yang diberikan tidak akan lebih lama bila dibandingkan garansi aki mobil resmi pada umumnya. Meskipun tidak semua toko atau penjual melakukan hal tersebut, akan lebih baik untuk berhati-hati agar terhindar dari penipuan tersebut.

5. Selalu Membeli di Toko Yang Terpercaya

Hal penting berikutnya yang perlu mendapatkan perhatian adalah pembelian sebaiknya dilakukan di dealer resmi brand aki (online/offline) atau toko aki/bengkel/sparepart kepercayaan Anda. Selain bisa mendapatkan garansi resmi, harga beli yang kompetitif, gratis pengiriman, pemasangan, dll, pastinya Anda akan terhindar dari penipuan penjual aki yang tidak bertanggung jawab.

Dapatkan pilihan aki mobil bermutu menggunakan Yuasa App, dapat di unduh melalui ponsel Anda (Google Play & Apple Store) dan juga info terkini tentang aki Yuasa di Official Instagram, Twitter, Facebook (Love Yuasa), dan Youtube (True Love Yuasa)