TIPS MUDAH MERAWAT AKI MOTOR DI MASA PSBB

Pemberlakuan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus mata rantai penyebaran wabah corona (Covid-19) membuat banyak dari kita tidak kemana-mana alias #dirumahaja. Sepeda motor yang biasa digunakan sebagai alat transportasi andalan untuk berbagai keperluan hanya nongkrong di garasi saja pada masa ini.

Kendaraan yang terparkir cukup lama dapat menimbulkan risiko kerusakan, salah satu komponen utama yang perlu dijaga adalah aki motor. Aki punya tugas penting menyimpan energi listrik dan digunakan untuk menghidupkan mesin sepeda motor.

Merawat aki kendaraan harus dilakukan secara berkala. Jika tidak telaten, potensi aki soak dan rusak pun dapat jadi ancaman bagi beberapa komponen motor. Ada beberapa langkah wajib yang bisa` dilakukan sendiri, setidaknya sembari menghabiskan waktu luang saat #dirumahaja.

  1. Hidupkan Mesin Motor Secara Berkala

 

Dengan menghidupkan mesin motor secara berkala seperti 3 kali sehari atau minimal satu kali dalam sepekan, dapat menjaga kualitas aki sehingga tetap memberikan suplai listrik ke part komponen kelistrikan motor. Nyalakan motor dalam keadaan stasioner (langsam) selama 3 – 4 menit, gas dan tahan selama beberapa, lakukan pengulangan selama minimal 3 kali.

         2.Cek Volume Air Aki

 

Bagi para pemilik motor yang menggunakan aki basah, perlu dilakukan pengecekan secara berkala terhadap volume ketinggian air aki. Pada bejana aki basah biasanya terdapat keterangan tanda batas jumlah volume air aki atau disebut upper lower level. Pastikan air aki tidak dibawah garis lower level, jika kurang maka harus ditambahkan air aki sampai batas garis upper level.

         3.Periksa Sistem Pengisian

Aki yang mengalami masalah seperti soak bukan berarti harus memutuskan membeli aki yang baru, namun perlu juga dicek sistem pengisian daya listriknya. Karena sering kali terjadi anggapan bahwa aki soak harus diganti dengan yang baru, namun bisa saja penyebabnya ada masalah di pengisian daya listrik yang masuk ke dalam aki. Oleh karena itu, penting untuk memastikan sistem pengisian listrik di motor.

Dengan melakukan hal-hal tersebut, masalah pada sepeda motor yang akan ataupun yang telah lama tidak digunakan dapat terhindari. Apabila ada kebutuhan pembelian aki, Yuasa Battery memberikan solusi untuk pembelian aki secara online dan bahkan bisa dipasangkan langsung oleh teknisi Yuasa (syarat & ketentuan berlaku) melalui aplikasi bernama Yuasa App. Aplikasi mobile Yuasa App ini hadir untuk dua platform sistem operasi yakni versi iOS dan Android.

Berikut link download Yuasa App :